Gubernur Kepri Ansar Siap Sambut Turis Pertama Jalur Laut dari Singapura

iNews ยท Senin, 14 Februari 2022 - 10:27:00 WIB
Gubernur Kepri Ansar Siap Sambut Turis Pertama Jalur Laut dari Singapura
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad (kiri) dengan Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) (Foto: Istimewa)

BATAM, iNews.id - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad siap menyambut turis pertama dari jalur laut dari Singapura. Sebelumnya, otoritas maritim Singapura sudah memberi lampu hijau bagi warga Singapura berwisata ke Nongsa dan Bintan melalui jalur laut.

Ansar mengatakan, kapal pertama wisatawan dari Singapura ini dijadwalkan, Jumat (18/2/2022) nanti menuju Batam. 

“Alhamdulillah, perjuangan kita selama 1,5 tahun lebih untuk travel bubble akhirnya membuahkan hasil. Saya  mendapat kabar dari Pak Andy Fong Ketua Nongsa Sensation bahwa kapal pertama wisatawan pada 18 Februari nanti,” kata Ansar gembira, Minggu (13/2/2022) malam. 

Ansar merencanakan bakal menyambut langsung turis pertama yang datang ke Kepri  untuk berlibur akhir pekan di kawasan Nongsa. Wilayah itu merupakan satu dari dua lokasi travel bubble di Kepri yang ditetapkan pemerintah melalui jalur laut.

"Tentu kita semua gembira karena perjuangan kita selama 1,5 tahun ini mulai membuahkan hasil. Saya akan sambut langsung turis manca negara ini bersama teman-teman asosiasi lainnya. Semoga semuanya berjalan lancar," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar menyampaikan, dari surat Nongsa Sensation yang diterimanya, feri pertama yang membawa wisatawan Singapura ke Batam itu bertolak dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura pukul 15.00 waktu Singapura (14.00 WIB). Kapal itu diperkirakan berlabuh di Pelabuhan Nongsapura Nongsa, pukul 14.40 WIB.

Untuk selanjutnya, ferry Batamfast dijadwalkan beroperasi setiap hari. Dari Nongsapura ke Singapura pukul 13.00 WIB dan dari Singapura pukul 15.00 waktu Singapura.

“Apabila ada permintaan di kawasan travel bubble, maka layanan feri akan disesuaikan,” tulis surat tersebut. 

Ada sejumlah persyaratan yang dikeluarkan oleh Immigration & Checkpoints Authority (ICA) Singapura terkait para wisatawan yang hendak ke Batam dan Nongsa. Pertama, wisatawan harus tinggal selama 14 hari di Singapura sebelum berangkat.

Editor : Nani Suherni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: