Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Bengkulu Selatan, Getaran Dirasakan hingga Liwa

Demon Fajri ยท Sabtu, 21 Mei 2022 - 17:05:00 WIB
Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Bengkulu Selatan, Getaran Dirasakan hingga Liwa
Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo (M) 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Sabtu (21/5/2022). (Foto: BMKG).

BENGKULU, iNews.id - Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo (M) 4,8 mengguncang wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Sabtu (21/5/2022). Gempa terjadi pukul 15.29 WIB. 

Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa dengan episenter terletak pada koordinat 4.61 Lintang Selatan (LS) dan 102.77 Bujur Timur (BJ). Titik gempa berlokasi di laut pada jarak 23 kilometer (Km) barat daya, Kabupaten Bengkulu Selatan pada kedalaman 31 Km.   

Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman mengatakan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal.

"Gempa akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia," ujar Litman, Sabtu (21/5/2022). 

Dia menuturkan, laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan dengan skala intensitas II - III MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: