Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Sigi dan Palu, Warga Panik Berhamburan Keluar

Antara, Nani Suherni ยท Rabu, 08 April 2020 - 12:25 WIB
Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Sigi dan Palu, Warga Panik Berhamburan Keluar
Ilustrasi gempa bumi. (Foto: Okezone)

PALU, iNews.idGempa bumi bermagnitudo 5,1 mengguncang Kabupaten Sigi dan Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (8/4/2020), sekitar pukul 10.32 WIB. Warga berhamburan ke luar rumah karena masih trauma dengan gempa pada 28 September 2018 lalu yang menelan korban jiwa mencapai ribuan orang.

Menurut analisis Badan Meteorologi, Klimatoligi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 1,40 Lintang Selatan (LS) dan 119,93 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa bumi berada di darat, berjarak 5 kilometer (km) dari arah Tenggara Sigi. Sementara kedalaman gempa bumi sekitar 10 km.

Guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di sejumlah wilayah, mulai dari di Sigi yang dirasakan dalam skala intensitas IV MMI, di Palu yang dirasakan dalam skala intensitas III dan di Masamba dirasakan dalam skala intensitas II.

Gempa bumi yang terjadi saat kebanyakan warga sedang beraktivitas tersebut membuat warga panik dan langsung berlarian keluar untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan jiwa. Para karyawan sejumlah perkantoran juga banyak yang berhamburan keluar.

Pada 28 Maret lalu, pukul 22.43 WIB, Sigi juga diguncang gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 5,8. Gempa bumi berjarak 46 km dari arah Tenggara Sigi, Sulteng. Sementara kedalaman gempa mencapai 10 km.


Editor : Maria Christina