Gempa Banten Rusak Ribuan Rumah dan Puskesmas di Pandeglang, Distribusi Bantuan Terkendala Akses

Iskandar Nasution ยท Minggu, 16 Januari 2022 - 12:12:00 WIB
Gempa Banten Rusak Ribuan Rumah dan Puskesmas di Pandeglang, Distribusi Bantuan Terkendala Akses
Sejumlah rumah ruak akibat gempa Banten Magnitudo 6,7, Jumat (14/1/2022). (Foto: ist)

PANDEGLANG, iNews.idGempa Banten dengan Magnitudo 6,7 yang terjadi Jumat (14/1/2022) sore merusak ribuan rumah di Kabupaten Pandeglang. Ribuan rumah yang rusak itu tersebar di 28 kecamatan.

Selain rumah, gempa Banten juga merusak belasan puskesmas dan gedung sekolah, serta gedung pemerintahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Girgi Jantoro mengatakan, jumlah rumah yang rusak akibat gempa Banten kini bertambah menjadi 1.543 unit. Dari jumlah itu, sebanyak 283 bangunan di antaranya rusak berat.

“Jumlah puskesmas yang rusak akibat gempa juga bertambah. Saat ini ada 14 unit bangunan puskesmas yang rusak, gedung sekolah 14 unit, tempat ibadah tujuh unit, tempat usaha tiga unit, dan kantor pemerintah tiga unit,” ungkap Girgi, Minggu (16/1/2022).

Dia menjelaskan, kerusakan rumah dan bangunan tidak terkonsentrasi dalam satu lokasi melainkan tersebar hampir merata di 28 kecamatan. 

Banyaknya rumah rusak membuat petugas kesulitan dalam hal pendistribusian bantuan. Saat ini baru 40 persen bantuan yang telah disalurkan. Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, sembako, tenda family dan bantuan makanan dan keperluan bayi dan balita.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: