Gawat! 967 Pasien Pengguna Narkoba di Sulteng Berstatus Pelajar

Antara ยท Jumat, 03 Januari 2020 - 10:28 WIB
Gawat! 967 Pasien Pengguna Narkoba di Sulteng Berstatus Pelajar
Ilustrasi narkoba

PALU, iNews.id - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengungkapkan tahun 2019 terdapat 967 pasien pengguna narkoba atau sekitar 125 persen telah menjalani rehabilitasi. Mirisnya, dari 967 pasien pengguna narkoba terdapat 816 anak berstatus pelajar, terdiri atas siswa tingkat sekolah dasar sebanyak 149 orang. Kemudian, tingkat SMP sederajat sebanyak 327 dan 340 orang tingkat SMA sederajat.

"Selebihnya mereka adalah pekerja dan orang dewasa," ujar Kepala Bagian Umum BNNP Sulawesi Tengah, Masnawati Rahman, di Palu, Kamis (2/1/2020).

BACA JUGA: Polda Jambi Musnahkan Barang Bukti Narkoba Senilai Rp27 Miliar 

Wati menjelaskan, pasien pengguna juga akan mengikuti program pascarehabilitasi BNNP Sulawesi Tengah. Tercatat sepanjang tahun 2019 sebanyak 51 pasien pengguna atau 102 persen, telah mengikuti program pascarehabilitasi.

"Pascarehabilitasi pasien akan melewati program rawat lanjut dan pendampingan," ucapnya.

BACA JUGA: Jebol Teralis Tahanan, 6 Napi Kasus Narkoba Kabur dari Lapas Doyo di Sentani Papua

Dia juga menerangkan soal tiga tingkatan penggunaan narkoba, yang berdampak buruk pada seseorang. Ketika seseorang mulai merasa enak mencoba narkoba, maka orang tersebut akan naik ke tingkat dua yaitu mengkonsumsi secara rutin. Kemudian tahap ketiga kecanduan.

"BNN dalam menangani, diawali dengan melakukan assessment untuk memastikan kondisi yang bersangkutan, sejauh mana tingkat penggunaannya, betul betul terlibat dalam coba pakai, teratur pakai dan pecandu," kata Wati.


Editor : Nani Suherni