Rumah dan Tanah Hasil Kejahatan Narkoba Milik Pengedar Disita Polisi di Kendari

Febriyono Tamenk ยท Rabu, 20 November 2019 - 18:10 WIB
Rumah dan Tanah Hasil Kejahatan Narkoba Milik Pengedar Disita Polisi di Kendari
Sebuah rumah milik bandar narkoba di Kendari, Sultra disita polisi, Rabu (20/11/2019). (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id – Sebuah rumah milik bandar narkoba Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) disita Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Kendari, Rabu (20/11/2019) siang. Rumah tersebut berada di BTN Grand Boulevard Regency Blok D Nomor 73 Rt:14 Rw: 03, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Rumah tipe 36 dengan ukuran 97 meter persegi itu adalah milik Ridwan alias Yori. Dasar penyitaan rumah dan bangunan itu adalah surat penetapan kepala pengadilan negeri kendari/ nomor: 588/pn.pid/2019/pn.kdi tanggal 5 november 2019 dan surat perintah penyitaan/ nomor: sp.sita/88/xi/ditresnarkoba.

Direktur Reserse Narkoba Polda Sultra, Kombes Pol Satria Adi Permana menjelaskan penyitaan aset berupa rumah dan tanah ini merupakan hasil pengembangan penyidikan jaringan narkoba yang telah diungkap sebelumnya.

BACA JUGA: Polda Jambi Bidik TPPU Jaringan Internasional Narkoba yang Libatkan Oknum PNS

Dari proses penyidikan dan pemberkasan dari empat tersangka yang sudah diamankan, petugas menemukan aliran dana yang digunakan oleh tersangka Ridwan untuk membeli sebuah rumah.

“Rumah dan tanah tersebut lalu disita guna dihadirkan di persidangan nanti,” katanya.

Satria mengatakan petugas juga akan melakukan penyidikan atas kasus tindak pidana pencucian uang.

Ridwan membeli rumah tersebut dengan menggunakan nama orang lain bernama Erlan. Belakangan diketahui Erlan merupakan penyimpan uang hasil penjualan narkoba yang dikendalikan oleh Ridwan.

Kini Ridwan menjadi narapidana kasus narkoba yang sedang mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Kendari. Dia mengendalikan jaringannya dari dalam lapas menggunakan alat komunikasi.


Editor : Umaya Khusniah