Dramatis, Petugas Damkar Lebak Evakuasi Cincin Nyangkut di Jari Perempuan

Iskandar Nasution ยท Senin, 18 Mei 2020 - 01:01 WIB
Dramatis, Petugas Damkar Lebak Evakuasi Cincin Nyangkut di Jari Perempuan
Petugas Damkar Lebak mengevakuasi cincin yang nyangkut di jari ibu muda karena ukuarn ring kekecilan. (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

LEBAK, iNews.id – Eneng (30) perempuan asal Lebak, Banten kini bisa bernapas lega setelah dua cincin yang nyangkut di jari manisnya bisa dilepaskan petugas pemadam kebakaran (damkar), Minggu (17/5/2020). Proses evakuasi cincin di jari manis Eneng berlangsung dramatis.

Dengan penuh ekstra hati-hati, petugas memotong satu per satu cincin dengan alat pemotong gerinda kecil. Terlebih, jari manis korban sudah bengkak karena selama lebih dari dua bulan cincin tersebut tidak bisa dikeluarkan.

Pelaksana tugas (Plt) Kasi Damkar Lebak, Anna Wahyudian mengatakan, korban datang bersama anggota keluarga atas arahan kerabat yang mengetahui keahilan petugas dalam hal pemotongan cincin yang terjebak di jari.

“Cincin tersebut sudah berada di jari korban selama hampir dua bulan lamanya. Dugaannya karena ukuran ring cincin terlalu kecil dan korban memaksakan pemakaian cincin ke dalam jari, sehingga cincin tidak bisa dilepaskan,” katanya.

Terkait kejadian itu, petugas meminta kepada warga untuk berhati-hati jika memasukan cincin yang berukuran kecil ke jari. Sebab, cincin yang berukuran kecil dapat menghambat aliran darah, sehingga jari bisa membengkak.

“Jika ada warga yang mengalami cincin yang tidak bisa dikeluarkan, petugas kami siap mengluarkan cincin di jari dengan alat khusus,” ucapnya.


Editor : Kastolani Marzuki