Diresmikan Jenderal Ahmad Yani, Jembatan Bersejarah Ini Ambruk Diterjang Banjir

Dionisius Umbu Ana Lodu · Minggu, 04 April 2021 - 16:55:00 WIB
Diresmikan Jenderal Ahmad Yani, Jembatan Bersejarah Ini Ambruk Diterjang Banjir
Jembatan Ahmad Yani di Kambaniru, Sumba Timur, NTT ambruk diterjang banjir, Minggu (4/4/2021) sore. (Foto: iNews/Dionisius Umbu Ana Lodu)

SUMBA TIMUR, iNews.id - Jembatan Ahmad Yani atau dikenal warga sebagai jembatan lama Kambaniru di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) ambruk diterjang banjir bandang, Minggu (4/4/2021) sore waktu setempat. Ambruknya jembatan bersejarah tersebut terekam dalam video warga.

Dalam video yang disaksikan iNews.id, jembatan tua tersebut itu tak kuasa menahan derasnya banjir dari Sungai Kambaniru yang merupakan sungai terbesar di Pulau Sumba.

Jembatan ini bersejarah, karena diresmikan oleh Jenderal Ahmad Yani beberapa hari sebelum meletusnya perisitwa G30 S PKI.

Banjir bandang di Sumba Timur merata di hampir semua kecamatan. Ribuan warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi setelah Bendungan Kambaniru patah.

Belum ada data resmi jumlah korban jiwa maupun luka-luka. Tim BPBD bersama Tagana, TNI dan Polri masih terus melakukan pendataan korban jiwa dan luka-luka serta melakukan evakuasi dan mengimbau warga untuk mengungsi. 

Kerugian akibat kerusakan sarana dan prasarana yang diterjang banjir diprediksi mencapai miliaran rupiah.

Editor : Reza Yunanto

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: