Dijuluki Gajah, Ini Sosok Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi Pemburu Gembong Teroris

Antara ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 17:57:00 WIB
Dijuluki Gajah, Ini Sosok Kapolda Sulteng Irjen Rudy Sufahriadi Pemburu Gembong Teroris
Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi dikenal sebagai pemburu gembong teroris dan dijuluki Gajah. (Foto: Antara)

PALU, iNews.id – Tongkat komando pimpinan Polda Sulteng berganti dan kini dijabat oleh Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Jenderal berjuluk “Gajah” itu menggantikan seniornya, Irjen Pol Abdul Rakhman Baso, yang ditarik ke Mabes Polri dalam rangka purna tugas.|

Penunjukan Sufahriadi sebagai kepala Polda Sulawesi Tengah, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor : ST/1701/VIII/KEP/2021 tanggal 25 Agustus 2021.

Nama Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat Sespim Lemdiklat Polri di lingkungan Polda Sulawesi Tengah tidaklah asing. Pria kelahiran Cimahi, Jawab Barat, pada1965, itu pernah menjadi kepala Polda Sulawesi Tengah pada 2016-2018, dengan pangkat brigadir jenderal (Brigjen) polisi. Saat itu, ada polda yang dipimpin seorang inspektur jenderal polisi dan juga brigadir jenderal polisi. 

Sewaktu memimpin Polda Sulawesi Tengah, Rudy memimpin langsung penangkapan dua pentolan teroris Poso yakni, Santoso dan Daeng Koro. Keduanya tewas saat kontak tembak dengan Satuan Tugas gabungan TNI/Polri yang saat itu masih bersandi Operasi Tinombala.

Pria disapa Rudi "Gajah" itu pernah mejabat sebagai kepala Polres Poso pada 2005-2007. Pada awal menjadi kepala Polres Poso itu, dia pernah ditembak orang tak dikenal dan beruntung dia bisa menghindari tembakan tersebut.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: