Detik-Detik Bendera Jatuh saat Upacara HUT RI di Konawe Utara, Bupati Minta Maaf

Antara ยท Rabu, 18 Agustus 2021 - 07:26:00 WIB
Tangkapan layar saat detik-detik bendera merah putih tiba-tiba jatuh dari tiang di Lapangan Konawe Utara, Sultra. (Foto: Istimewa)

KONAWE, iNews.id - Insiden bendera merah putih jatuh dari tiang saat pengibaran terjadi di Lapangan Kantor Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (17/8/2021). Bendera tiba-tiba terjatuh saat berada di puncak tiang dalam kegiatan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Kejadian itu disaksikan warga melalui video yang menayangkan proses upacara secara virtual melalui aplikasi zoom dan beredar luas di media sosial.

Bendera diduga jatuh akibat pengait tali yang berada di puncak tiang patah saat pasukan pengibar bendera (paskibra) hendak mengikat tali usai pengibaran.

Kabag Humas Pemkab Konut La Ode Muhammad Aminuddin saat dkonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Anggota TNI-Polri yang merupakan pelatih Paskibra spontan berlari menuju tiang pengibaran untuk mengamankan bendera merah putih yang jatuh tersebut.

"Benderanya jatuh menimpa adik-adik kita Paskibra," katanya.

Aminuddin menyampaikan, saat bendera itu jatuh dari atas puncak tiang, Paskibra langsung diambil alih personel TNI-Polri dan mengibarkannya menggunakan tangan sambil menunggu perbaikan tali.

"Setelah tali diperbaiki, disimpul langsung, alhamdulillah saat ini bendera sudah berkibar kembali kira-kira kurang lebih 30 menit itu perbaikannya," ucapnya.

Sementara atas kejadian tersebut, Bupati Konawe Utara Ruksamin langsung menyampaikan permohonan maaf secara terbuka.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: