Dansat Brimob Polda Jambi: Tidak Ada Oknum TNI-Polri dalam Penyelundupan Benur

Azhari Sultan · Kamis, 15 April 2021 - 00:17:00 WIB
Dansat Brimob Polda Jambi: Tidak Ada Oknum TNI-Polri dalam Penyelundupan Benur
Polda Jambi Tangkap Dua Jaringan Penyelundup Benur Senilai Rp25 Miliar (Foto: iNews/Azhari)

JAMBI, iNews.id - Dansat Brimob Polda Jambi Kombes Pol Nadi Chaidir menegaskan tidak ada oknum aparat TNI-Polri yang diamankan dalam penggerebekan  penyelundupan ribuan benih baby lobster (BL).

Penggerebekan itu dilakukan di sebuah rumah penampungan sementara benih lobster (BL) atau benur, di kawasan Talangbakung di Jalan Cendrawasih, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Selasa (13/4/2021) malam.

"Tidak ada oknum TNI maupun Polri ya. Semua sudah kami serahkan ke Polda, terima kasih," ujarnya, Rabu (14/4/2021).

Sebelumnya, tim Intel Brimob Polda Jambi berhasil menggerebek sebuah rumah penampungan sementara benih lobster (BL) atau benur.

Setidaknya ada 108.000 benur yang disimpan di 36 boks styrofoam berhasil diamankan. Tidak hanya itu, empat orang berhasil diamankan petugas.

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari adanya informasi masyarakat bahwa rumah tersebut sering terjadi aktifitas bongkar muat baby lobster.

Tidak menyia-nyiakan informasi tersebut, tim Intel Satbrimob Polda Jambi langsung bergerak melakukan penelusuran dan penyelidikan.

Saat berada di TKP petugas mendapati rumah tersebut sedang melaksanakan bongkar muat boks styrofoam benih lobster.

Saat itu, para pelaku sedang memuat benur yang telah dibungkus dengan plastik berwarna hitam ke dalam mobil yang telah disiapkan pelaku.

"Jadi rumah tersebut digunakan sebagai safehause, atau persinggahan sementara benih lobster sebelum kembali dikirim," ungkap Sigit, Rabu (14/4/2021).

Petugas langsung melakukan penggrebekan. Sedangkan para pelaku tidak berkutik.

Setelah digeledah, petugas menemukan 36 boks styrofoam berisikan benih lobster sebanyak 108 ribu. Sedangkan 4 orang tersangka yang diamankan berinisial Ad, RI, IAN, dan BU.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2