Butuh Uang untuk Persalinan Istri, Igo Nekat Curi Playstation

Okezone.com, Azhari Sultan ยท Sabtu, 18 Januari 2020 - 18:58 WIB
Butuh Uang untuk Persalinan Istri, Igo Nekat Curi Playstation
Igo nekat mencuri Playstation karena untuk biaya persalinan istri (Okezone.com/Azhari Sultan)

JAMBI, iNews.id - Seorang pemuda bernama Bryan Syahputra alias Igo (19) terpaksa tidak bisa menyaksikan kelahiran anak keduanya. Bukan tanpa alasan, warga Kecamatan Muara Rupit, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan ini harus meringkuk di dalam penjara setelah mencuri Playstation (PS)

Wakapolsek Telanaipura Iptu Budi Utomo mengatakan, pelaku ditangkap pada Senin (13/1/2020) di daerah Singkut, Jambi saat sedang makan siang.

Budi menuturkan, pelaku ditangkap setelah pihaknya mendapatkan laporan dari korban yang merupakan pemilik rental PS. Korban merupakan warga Kelurahan Simpang lV Sipin, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi.

BACA JUGA: Residivis Spesialis Pencurian Isi Jok Motor di Kendari Ditangkap Polisi

"Saat itu, korban sekaligus pelapor mengalami kerugian dua set PS 3, empat stik PS 3, berikut uang setoran sejumlah lebih kurang Rp200 ribu," kata Budi kepada wartawan, Sabtu (18/1/2020).

Dari informasi yang dihimpun, kejadian itu berawal saat pelaku masih berstatus karyawan di tempat PS korban. Dia diberhentikan dengan alasan tidak jelas.

"Korban berniat ingin memberhentikan pelaku. Sebelum keluar, pelaku membuat permintaan kepada pelapor untuk numpang bermalam selama satu hari," imbuhnya.

Karena sudah kenal, lanjut Budi, korban berkenan memberikan izin untuk pelaku tinggal selama sehari di rental milik pelapor. Keesokan harinya pelaku pamit untuk pulang kampung, korban pun memberikan uang pesangon Rp200 ribu.

Korban awalnya tak curiga, namun saat karyawan lainnya mengcek PS, ternyata tiga unit PS raib. Korban pun sadar dan menduga pelaku Igo yang mencuri. Korban kemudian melapor ke polisi.

Lebih lanjut Budi menuturkan, pelaku akhirnya berhasil ditangkap. Saat digeledah, ditemukan sejumlah unit PS.

BACA JUGA: Maling Susu di Minimarket, Tiga Emak-Emak Ditangkap Polisi Pekalongan

Sementara itu, pelaku Igo mengaku terpaksa mencuri karena butuh uang untuk biaya persalinan istrinya.

"Bukan karena sakit hati pak, aku lagi butuh uang untuk biaya bini ku persalinan melahirkan di kampung. Anak kedua pak yang mau lahir," tutur Igo.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 362 tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto