Bupati Lebak Keluarkan Surat Edaran Alokasi 20 Persen Dana Desa untuk Ketahanan Pangan

Antara ยท Sabtu, 10 September 2022 - 15:58:00 WIB
Bupati Lebak Keluarkan Surat Edaran Alokasi 20 Persen Dana Desa untuk Ketahanan Pangan
Bupati Lebak, Provinsi Banten Iti Octavia Jayabaya. (Foto: Antara)

LEBAK, iNews.id- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta 20 persen dari dana desa dialokasikan untuk program ketahanan pangan. Upaya ini dilakukan untuk mengatasi stunting atau kekerdilan anak akibat gagal tumbuh dan peningkatan ekonomi masyarakat.
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, kata dia sudah menerbitkan Surat Edaran ( SE) melalui bupati untuk pengalokasian dana desa untuk mendukung program ketapang.

"Kita berharap dengan 20 persen dana desa (DD) itu dapat meningkatkan derajat kesehatan dan ekonomi masyarakat itu," ujar Iti Octavia di hadapan perangkat desa ( Parades) di Lebak, Sabtu (10/9/2022).

Dia menuturkan, program ketahanan pangan itu melalui dana desa masyarakat dapat mengembangkan usaha perikanan, seperti ikan tawar berbagai jenis di antaranya ikan patin, gurame, nila dan lele dikembangkan di kolam.

Usaha pertanian, kata dia dengan mengembangkan budidaya tanaman pangan, sayuran, palawija dan hortikultura. Begitu juga pengembangan usaha peternakan dengan budidaya pembesaran ternak domba, kerbau dan ayam.

"Kami berharap program ketapang itu dapat memenuhi ketersediaan pangan masyarakat dan dapat mengatasi stunting juga peningkatan ekonomi," katanya.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: