Buka Kongres Ulama Islam Indonesia, Ma'ruf Amin: Umat Islam Punya Tanggung Jawab Besar

Haryanto ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 12:26 WIB
Buka Kongres Ulama Islam Indonesia, Ma'ruf Amin: Umat Islam Punya Tanggung Jawab Besar
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat membuka Kongres Umat Islam di Pangkalpinang (Haryanto/iNews)

BABEL, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin membuka Kongres Umat Islam Indonesia VII, Majelis Ulama Indonesia (MUI). Acara ini digelar di Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (26/2/2020).

Kegiatan yang mengangkat tema Strategi Umat Islam untuk mewujudkan NKRI yang maju, adil dan beradab ini dihadiri 1.000 lebih ulama se-Indonesia dan Asia Tenggara.

"Dengan bismillahirahmanirahim saya membuka Kongres Umat Islam Indonesia VII. Semoga semua ikhtiar yang kita lakukan diberikan kemudahan Allah SWT," kata Ma'ruf.

Pembukaan acara tersebut juga ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan oleh Ketua Umum MUI Non aktif ini. Tampak Ma'ruf memukul sekuat tenaga bedug yang berada di atas panggung.

Sementara itu, dalam pidatonya, Ma'ruf mengingatkan agar umat islam mengambil peran yang signifikan dalam berbangsa dan bernegara.

"Umat islam mempunyai tanggung jawab yang sulit dan lebih besar untuk menjaga, merawat dan memastikan arah perjalanan bangsa negara ini sesuai arah kesepakan nasional," kata dia.

Ma'ruf yakin peran para ulama menjadi salah satu kunci keberhasilan dan meluruskan cara berpikir, bersikap dalam mencegah gerakan radikalisasi, kontraradikalisasi, dan deradikalisasi di masyarakat.

"Ulama diharapkan dapat membangun implementasi yang sejuk di tengah masyarakat sehingga dapat merawat harmonisasi dalam dakwah Islam," kata dia.

Ma'ruf berharap KUII tahun ini dapat menyusun desain perjuangan umat Islam terbaru, terutama mengonsolidasikan peran umat lintas sektor demi terwujudnya kemaslahatan umat dan bangsa yang lebih adil serta beradab.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto