Buaya Muara Sepanjang 1,5 Meter Masuk Jaring Nelayan di Sungai Siak Pekanbaru

Muhammad Jafar Yusuf ยท Selasa, 12 November 2019 - 00:45 WIB
Buaya Muara Sepanjang 1,5 Meter Masuk Jaring Nelayan di Sungai Siak Pekanbaru
Buaya muara yang ditangkap nelayan di Sungai Siak, Pekanbaru Riau, Senin (11/11/2019). (Foto: iNews.id/Muhammad Yusuf)

PEKANBARU, iNews.id - Seorang nelayan di Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau tak sengaja menangkap seekor buaya muara di Sungai Siak, Pekanbaru. Buaya tersebut dievakuasi Tim Pemadam Kebakaran Pekanbaru untuk menghindari jatuhnya korban, Senin (11/11/2019).

Feri, nelayan yang menangkap buaya tersebut mengatakan hewan reptil tersebut masuk ke dalam jaring ikan atau pengilar yang dia pasang di Sungai Siak. Dia lantas membawa buaya sepanjang 1,5 meter ini ke darat.

Penangkapan buaya ini menghebohkan warga yang kemudian berduyun-duyun melihatnya. Agar tidak menyerang, buaya tetap berada di dalam pengilar dan moncongnya diikat dengan tali rami.

Feri mengaku baru kali pertama ada buaya tertangkap jaring ikannya. Namun dia mengaku sesekali melihat buaya muncul di bantaran Sungai Siak yang padat dengan pemukiman penduduk.

Dia berharap buaya ini dapat dipindahkan ke lokasi yang lebih aman. Selain itu warga ingin ada papan pengumuman jika di bantaran Sungai Siak yang rawan dengan kemunculan buaya.

“Karena kami kan menangkap ikan dengan jala, kalau jalanya tersangkut, kami harus menyelam, kalo diserang buaya, siapa yang tanggung jawab nanti,” katanya.

Petugas Pemadam Kebakaran Pekanbaru melakukan evakuasi dan menitipkan buaya ke kantor Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau guna menghindari jatuhnya korban dan menyelamatkan buaya tersebut.


Editor : Umaya Khusniah