Buaya Mati di Pinggir Sungai, BKSDA Kalteng Lakukan Penyelidikan

Antara ยท Senin, 03 Mei 2021 - 16:46:00 WIB
Buaya Mati di Pinggir Sungai, BKSDA Kalteng Lakukan Penyelidikan
Komandan Jaga BKSDA Pos Sampit Muriansyah mengevakuasi bangkai buaya ke pinggiran hutan yang jauh dari permukiman warga pada Minggu (2/5/2021). (Foto: ANTARA)

SAMPIT, iNews id - Seekor buaya mati terdampar di pinggir Sungai Mentaya, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (2/5/2021). Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah langsung turun tangan menyelidiki penyebab kematian buaya tersebut. 

"Masih kami selidiki penyebabnya. Tapi, dari hasil pemeriksaan kami tadi, mulai kepala sampai ekor bagian punggung tidak ditemukan bekas benda tajam di tubuh atau punggung buaya," kata Komandan Jaga BKSDA Pos Sampit, Muriansyah, Senin (3/5/2021).

Bersama rekannya, Muriansyah langsung turun ke lokasi setelah menerima laporan mengenai penemuan bangkai buaya di Dusun Belanti, Desa Bangkuang Makmur, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Minggu pagi (2/5/2021).

Menurut keterangan warga setempat, bangkai buaya hanyut dari arah hulu Sungai Mentaya. Setelah itu, warga mengikat bangkai buaya di sekitar Pelabuhan Belanti agar tidak terbawa arus sungai. 

Selanjutnya, Kepala Desa Bangkuang Makmur, Fitriannur melaporkan penemuan bangkai buaya itu kepada BKSDA. Setelah menerima laporan, Muriansyah mendatangi Dusun Belanti dan memeriksa bangkai buaya yang sudah mulai membengkak dan mengeluarkan bau busuk.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2