Buaya Berbobot 500 Kg Ditangkap Warga Kotawaringin Barat dari Sungai Pakit

Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 21:15 WIB
Buaya Berbobot 500 Kg Ditangkap Warga Kotawaringin Barat dari Sungai Pakit
Buaya Senyulong berbobot 500 kg ditangkap warga Kotawaringin Barat, Kalteng. (Foto: iNews/Sigit Dzakwan Pamungkas)

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Warga Desa Arga Mulya, Kecamatan Pangkalan Banteng, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) menangkap seekor buaya senyulong (sepit) raksasa dengan berat sekitar 500 kilogram dan panjang sekitar lima meter di Sungai Pakit, Kamis (12/2/2020) sekira pukul 11.00 WIB.

Penangkapan buaya tersebut sontak menggegerkan warga. Mereka berbondong-bondong mendatangi lokasi untuk melihat lebih dekat sosok buaya yang kerap meresahkan masyarakat.

Warga Arga Mulya, Dahimi mengatakan, buaya yang belum diketahui jenis kelaminnya tersebut pertama kali dilihat oleh warga yang melintas di sekitar Sungai Pakit sekitar pukul 08.00 WIB.

“Tadi kita langsung ke lokasi penemuan buaya, ada sekitar 20-25 orang langsung mengevakuasi menggunakan tali dan terpal untuk menutup mata buaya besar tersebut,” ujar Dahimi di kantor BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun, Kamis petang.

Dahimi menuturkan, proses penangkapan buaya itu berlangsung dramatis. Puluhan warga harus kerja ekstra keras dan memakan waktu empat jam untuk menaklukkan buaya besar tersebut dengan terpal plastik. Setelah ditangkap, buaya itu kemudian dievakuasi dan dibawa menuju Balai Desa Arga Mulya sekitar pukul 11.00 WIB.

“Buaya itu diikat mulutnya menggunakan tali dan kemudian diikatkan ke sebatang bamboo dari tepi sungai. Selanjutnya kita bawa ke kantor desa sambil mengubungi pihak BKSDA Kalteng SKW 2 Pangkalan Bun. Evakuasi butuh waktu empat jam sejak pukul 08.00 WIB - 11.00 WIB,” katanya.

Dahimi mengatakan, di kawasan Sungai Pakit sering terlihat buaya ukuran besar. Bahkan sebelum pemenuan buaya ini, pada pekan lalu warga sempat melihat dua ekor buaya dengan ukuran yang lebih besar dari ini.

“Ya beberapa waktu lalu warga sempat melihat ada dua yang terlihat di sungai Pakit. Mungkin yang satunya ya ini yang kita tangkap. Yang satu lagi lebih panjang dan besar kira kira 8 meteran,” timpalnya.

Bahkan lanjut dia, dahulu pernah ada warga setempat yang diterkam buaya di sekitar sungai Pakit namun berhasil selamat lantaran hanya terkena di bagian kaki.

Anggota tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun, BKSDA Kalteng, Nasibah mengatakan, awalnya pihak BKSDA Kalteng mendapat laporan dari warga sekitar pukul 12.00 WIB. Saat dilaporkan, buaya sudah berhasil dievakuasi warga dan sudah diamankan di kantor Desa Arga Mulya.

“Siang tadi kita langsung meluncur ke Kantor Desa dan membawanya ke kantor BKSDA Kalteng, SKW 2 Pangkalan Bun. Sampai kantor tadi pukul 18.00 WIB. Kalau dengan kasat mata ini panjang sekitar 5 meter, jenis kelamin belum kita ketahui, berat antara 500-700 kg,” ujar Nasibah.

Terkait data detail Buaya Senyulong ini, Nasibah mengatakan, kemungkinan Jumat (14/2/2020) pihak dokter yang akan melakukan obsevasi lebih lanjut buaya tersebut.


Editor : Kastolani Marzuki