BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Berdayakan UMKM Masuk Pasar Global

“Jadi ini sangat luar biasa, karena berlapis-lapis proses kurasinya. Mudah-mudahan di ujungnya kita mendapatkan yang terbaik, dan mendapatkan transaksi yang luar biasa,” ujarnya.
Sebagai gambaran, BRI terus mendorong perkembangan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR untuk membawa pelaku UMKM naik kelas. Pada 2019 hanya 7 negara yang terlibat. Setahun kemudian yaitu pada 2020 menjadi 11 negara. Pada 2021 melibatkan 14 negara, sedangkan pada 2022 sebanyak 20 negara, dan tahun ini melibatkan 25 negara.
Nilai kontrak melalui business matching di ajang BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR pun terus naik. Pada 2019 hanya 33,5 juta Dolar AS, naik pada 2020 menjadi 57,5 juta Dolar AS, serta pada 2021 sebesar 72,1 juta Dolar AS.
Selanjutnya, pada 2021 menjadi sangat menarik karena BRILIANPRENEUR dilakukan secara virtual akibat pandemi Covid-19. Kemudian pada tahun 2022 lalu itu nilainya mencapai 76,7 juta Dolar AS, sedangkan pada 2023 ini BRI menargetkan sebesar 80 juta Dolar AS.
Dalam UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 ini, BRI mengajak 700 UMKM terkurasi. Sebanyak 378 UMKM di antaranya adalah pendaftar baru, 122 UMKM alumni UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, enam UMKM binaan Perusahaan Anak seperti Pegadaian, PNM dan BRI Ventures, 153 UMKM Local Heroes yang telah menjadi market leader dengan harapan dapat memperluas impact bisnis dan terkoneksi untuk berkolaborasi kepada UMKM lainnya.
Kemudian, 32 UMKM member SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), sembilan UMKM SMExcellence binaan Kementerian Koperasi dan UKM. Adapun UKM tersebut berasal dari berbagai daerah yang akan menampilkan produk-produk terbaru dan terbaik mereka.
Terdapat lima kategori UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun ini yang dapat berpartisipasi, yakni Home Decor and Craft, Food & Beverage, Accessories and Beauty, dan Fashion and Wastra, serta Healthcare/Wellness.
Editor: Rizqa Leony Putri