BNPP Dorong Penurunan Angka Stunting Melalui Camat di Kawasan Perbatasan Kepri

Anindita Trinoviana ยท Rabu, 15 Juni 2022 - 11:40:00 WIB
BNPP Dorong Penurunan Angka Stunting Melalui Camat di Kawasan Perbatasan Kepri
BNPP selenggarakan kegiatan pelatihan penanganan stunting melalui camat untuk mendukung percepatan penurunan stunting di Lokpri Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Dok BNPP)

BATAM, iNews.id - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyelenggarakan kegiatan pelatihan penanganan stunting yang digelar di Kota Batam, Kepulauan Riau, pada 7 sampai 9 Juni 2022.

Kegiatan BNPP tersebut untuk perkuat peran dan kapasitas camat di kawasan perbatasan, agar dapat turut serta berkontribusi dalam intervensi penanganan stunting, khususnya pada Lokasi Prioritas (Lokpri) di Provinsi Kepri.

"Kegiatan dilaksanakan terutama dalam rangka pengembangan kapasitas (capacity building) bagi aparatur kecamatan dan stakeholder terkait di tingkat pemda provinsi/kabupaten/kota dalam mendukung percepatan penurunan stunting khususnya di kawasan perbatasan," ujar Sekretaris BNPP Restuardy Daud, Rabu (15/6/2022).

Restuardy yang juga merupakan Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan menuturkan sudah ada pedoman terkait rembuk stunting di tingkat kabupaten/kota.

Hal itu, kita perlu manfaatkan secara optimal dengan pelibatan para camat di dalamnya.

Selain itu, perlu dilakukan segera upaya penyediaan data yang valid dan akurat, sehingga intervensi spesifik maupun sensitif dapat dilakukan tepat sasaran.

Dalam kegiatan tersebut, BNPP mengundang berbagai narasumber untuk membekali para peserta, antara lain cara pendataan di lapangan dan menyusun rencana sesuai aksi konvergensi, sosialisasi beberapa norma atau kebijakan terkait, serta berbagai simulasi penanganan di lapangan.

Adapun para camat yang ikut dalam kegiatan ini adalah camat dan aparatur kecamatan dari Lokpri Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Anambas, dan Kabupaten Natuna. 

Editor : Anindita Trinoviana

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: