BMKG : Waspada Cuaca Ekstrem saat Arus Balik Lebaran di Sultra

Antara · Jumat, 06 Mei 2022 - 14:48:00 WIB
BMKG : Waspada Cuaca Ekstrem saat Arus Balik Lebaran di Sultra
Ilustrasi, BMKG Sultra mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah kabupaten/kota. (Foto: Antara).

KENDARI, iNews.id - Warga di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) diimbau agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem saat arus balik Lebaran 2022. Imbauan ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Klas II Kendari Sugeng Widarko mengatakan, BMKG Sultra mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah kabupaten/kota.

"BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada khususnya akan dampak dari curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin," ujar Sugeng di Kendari, Jumat (6/5/2022).

BMKG Sultra memprakirakan dalam beberapa hari ke depan potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat, petir dan angin kencang berpotensi terjadi. Kondisi tersebut dipicu oleh peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti adanya tekanan rendah di utara Sulawesi

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: