BMKG Jelaskan Penyebab Gempa Bumi M5,5 Guncang Seluma Bengkulu

Demon Fajri ยท Sabtu, 03 Juli 2021 - 22:06:00 WIB
BMKG Jelaskan Penyebab Gempa Bumi M5,5 Guncang Seluma Bengkulu
Ilustrasi gempa bumi. (Ilustrasi Istimewa)

BENGKULU, iNews.id - Gempa bumi Magnitudo 5,5 mengguncang Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Sabtu (3/7/2021), pukul 20.09 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kemudian memutakhirkan Magnitudo gempa menjadi M5,3. 

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu, Litman mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,32 Lintang Selatan dan 102,31 Bujur Timur. Gempa tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 km arah Barat Daya Kabupaten Seluma.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal. Gempa bumi terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam lempeng Eurasia. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Litman, Sabtu (3/7/2021) malam. 

Hasil analisis BMKG, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan dalam skala intensitas III-IV MMI. Kemudian, di Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara, Kepahiang, dan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, III MMI. Lalu, Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Mukomuko, dan Liwa, Provinsi Lampung II MMI.

''Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,'' kata Litman.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: