BMKG Ingatkan Warga Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Capai 6 Meter

Kastolani ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 15:12:00 WIB
BMKG Ingatkan Warga Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Capai 6 Meter
Ilustrasi gelombang tinggi. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga mewaspadai gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 14-15 Januari 2021. Dalam peringatan dini yang disampaikan BMKG disebutkan, ketinggian gelombang bisa mencapai 6 meter.

Gelombang tinggi ini terkait dengan tekanan rendah (1007 hPa) di Samudra Hindia Barat Daya Banten. Sirkulasi udara teridentifikasi di Samudra Hindia barat Aceh. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari utara-timur dengan kecepatan angin berkisar 6-30 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umunya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. 

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Anambas-Kepulauan Natuna, Perairan utara Sabang, Selat Malaka bagian utara, Laut Jawa, Perairan utara dan selatan Jawa. "Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut," kata BMKG dalam siaran persnya, Kamis (14/1/2021).

BMKG menjelaskan, terdapat potensi peningkatan gelombang setinggi 1,25 hingga 2,50 meter yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan seperti Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat Kepulauan Simeulue-Kepulauan Mentawai, perairan Enggano-Bengkulu, perairan barat Lampung.

Samudra Hindia barat Sumatra, Selat Sunda bagian selatan dan barat, perairan selatan Banten hingga Jawa barat, Samudra Hindia selatan Banten dan Jawa barat, Selat Bali-Lombok-Alas bagian selatan, perairan selatan Sumbawa-Pulau Sumba, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Pulau Sawu, Laut Sawu, Selat Sape bagian selatan, Samudra Hindia selatan NTT.

Selanjutnya, perairan timur Kepulauan Bintan-Kepulauan Lingga, perairan utara Kepulauan Bangka-Belitung, Selat Karimata, perairan selatan Kalimantan tengah, Laut Jawa, perairan utara Jawa Tengah dan Timur, perairan Kotabaru, Laut Bali bagian timur, Selat Makassar, perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, perairan utara dan timur Halmahera, Laut Halmahera, Laut Maluku bagian utara, perairan utara Papua barat hingga Papua dan Samudra Hindia utara Halmahera hingga Papua.

Beberapa wilayah perairan Indonesia lainnya juga berpotensi mengalami gelombang yang lebih tinggi dengan kisaran 2,50 hingga 4,0 meter. Wilayah tersebut yakni, perairan selatan Jawa Tengah dan Timur, Samudra Hindia selatan Jawa Tengah dan NTB, perairan selatan Kepualuan Anambas-Kepulauan Natuna dan Laut Natuna.

Sementara itu, potensi gelombang tertinggi yaitu 4 hingga 6 meter dapat terjadi di Laut Natuna Utara, perairan utara Kepulauan Anambas hingga Kepulauan Natuna, perairan Kepulauan Subi-Kepulauan Serasan.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2