BKSDA Lepas Liarkan Harimau Pemangsa Ternak Pakai Helikopter demi Keamanan Petugas

Azhari Sultan · Rabu, 27 April 2022 - 19:19:00 WIB
BKSDA Lepas Liarkan Harimau Pemangsa Ternak Pakai Helikopter demi Keamanan Petugas
Harimau Sumatera pemangsa ternak warga di Merangin akan dilepas liarkan ke Hutan TNKS menggunakan helikopter. (Foto: ist)

JAMBI, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jambi merencanakan akan segera melepasliarkan Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) sehabis lebaran. Harimau pemangsa ternak warga di Merangin ini akan dilepas di kawasan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi.

Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh mengatakan, harimau Sumatera tersebut telah memangsa 11 ekor kambing dan 2 sapi warga Desa Nalogedang dan Desa Baru Nalo di Kabupaten Merangin, Jambi. Petugas menangkapnya setelah harimau masuk perangkap.

Menurutnya, saat pelepasliaran tidak melalui jalur darat, tetapi lewat udara.

"Saat pelepasliaran harimau akan menggunakan helikopter untuk kembali ke hutan agar petugas bisa tetap aman. Nanti helikopternya akan menggantung di udara," ujarnya di lokasi tempat penyelamatan satwa (TPS) BKSDA Jambi, Rabu (27/4/2022).

Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menambahkan, konflik antara manusia dan harimau Sumatera ini akibat hutan sebagai tempat habitatnya telah dialih fungsikan manusia. Harimau terpaksa masuk ke perkampungan untuk mencari makan. 

"Rumahnya ini sudah tidak ada lagi, sudah habis dijarah manusia dijadikan kebun semua," katanya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: