Bendungan Napung Gete di Sikka Ditarget Rampung Desember 2020

Joni Nura ยท Rabu, 05 Agustus 2020 - 23:07 WIB
Bendungan Napung Gete di Sikka Ditarget Rampung Desember 2020
Proyek pembangunan Bendungan Napung Gete di Kabupaten Sikka, NTT dijadwalkan selesai Desember 2020. (Foto: iNews/Joni Nura)

SIKKA, iNews.id – Proyek pembangunan Bendungan Napung Gete di Desa Ilin Medo, Kecamatan Waiblama Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dijadwalkan selesai Desember 2020. Peresmian bendungan tersebut rencanya dilakukan langsung Presiden Joko Widodo.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basuki Hadimoeljono mengatakan, kapasitas Bendungan Napung Gete mencapai 11 juta meter kubik air yang hampir sama dengan Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang.

“Saya harap dengan anggaran lebih dari 800 miliar di sini mudah-mudahan pembangunannya dapat diselesaikan cepat untuk digunakan bagi masyarakat,” katanya saat meninjau Bendungan Napung Gete bersama Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/8/2020).

Basuki mengatakan, pembangunan Bendungan Napung Gete  merupakan gagasan dan instruksi dari Presiden Jokowi yang ditujukan demi kesejahteraan masyarakat NTT.

“Pembangunan Bendungan Napung Gete ini adalah bagian dari perhatian khusus Bapak Presiden yang menginginkan minimal tujuh bendungan untuk masyarakat NTT,” katanya.

Menurut Basuki, Presiden Jokowi juga berharap dengan pembangunan bendungan akan membantu pemerintah provinsi dalam mendorong perubahan di bidang pertanian masyarakat NTT.

Basuki menyebutkan, di Pulau Timor sudah ada empat bendungan. Sedangkan di Flores, baru ada dua yaitu Bendungan Napung Gete -Sikka dan satu lagi di Mbay.

“Baru satu lagi di Weilikis Atambua. Program pembangunan bendungan ini juga untuk menghijaukan NTT dengan memanfaatkan tampungan air,” ujarnya.

Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi MM mengatakan, rakyat NTT sangat berterima kasih pada Presiden Jokowi dan Kementerian PUPR yang telah memberi perhatian dengan pembangunan bendungan bagi masyarakat NTT.


Editor : Kastolani Marzuki