Belum Turun, Status Gunung Anak Krakatau Masih Siaga Level III

Antara · Rabu, 27 April 2022 - 12:03:00 WIB
Belum Turun, Status Gunung Anak Krakatau Masih Siaga Level III
Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan (Foto: iNews/Heri Fulistiawan)

ANYER, iNews.id - Status Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda hingga kini masih berstatus Siaga Level III. Jarak aman dengan gunung itu yakni lima kilometer dari kawah aktif.

"Kita minta nelayan, warga maupun wisatawan tidak boleh mendekati kawah aktif, " kata seorang petugas Posko Pemantauan Gunung Anak Krakatau, Jumono, Rabu (27/4/2022).

Penetapan status Siaga Level II dari sebelumnya Waspada Level III oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi ESDM 24 April 2022.

Namun, hingga kini Anak Krakatau masih tetap status Siaga Level II, sehingga masyarakat pesisir pantai barat Provinsi Banten waspada potensi tsunami.

Sebelumnya, dari pengamatan Selasa (26/4/2022) cuaca Perairan Selat Sunda cuaca cerah, berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah timur laut dan timur. Suhu udara 26-31 °C dan kelembaban udara 47-71 persen.
 
Kondisi anak krakatau jelas hingga kabut 0-III juga asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 25-50 m di atas puncak kawah.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: