Banjir Kembali Terjang Gorontalo, 3 Kecamatan Terendam akibat Hujan Deras

Antara ยท Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:18 WIB
Banjir Kembali Terjang Gorontalo, 3 Kecamatan Terendam akibat Hujan Deras
Petugas SAR gabungan mengevakuasi korban banjir di Gorontalo. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.idBanjir akibat hujan deras kembali merendam sejumlah wilayah di Kabupaten Gorontalo. Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir merendam Kecamatan Asparaga, Boliyohuto dan Bilato.

"Sesuai arahan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, BPBD segera bergerak dan berkoordinasi untuk melakukan evakuasi di lapangan bersama TNI dan Polri," kata Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku, Selasa (4/8/2020).

BPBD telah memberikan bantuan makanan siap saji kepada masyarakat dampak banjir di tiga kecamatan tersebut.

"Hingga saat ini kami masih terus melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan untuk memastikan situasi dan kondisi dari masyarakat tetap aman," bebernya.

Sumanti mengaku BPBD telah mendirikan posko bencana di Kecamatan Asparaga dan juga Bilato.

"Saat ini kami terus menyiapkan bantuan pangan dan pelayanan kesehatan dengan berkoordnasi dengan bagian kesehatan, TNI, Polri dan Basarnas," katanya.

Sebelumnya, Taruna siaga bencana (Tagana) mencatat sebanyak 8.233 atau sekitar 2.335 kepala keluarga (KK) di 10 kecamatan menjadi korban bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Bone Pesisir di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Minggu (2/8/2020).

Sejumlah infrastruktur publik, jalan dan jembatan rusak berat, di antaranya Puskesmas Bone Raya di Desa Tombulilato hancur diseret banjir, begitu juga dengan Jembatan Tombulilato di Kecamatan Bone Raya. Sementara di Kecamatan Bone, dua unit rumah hanyut terseret arus banjir.


Editor : Kastolani Marzuki