Banjir di Wilayah Katingan Kalteng Berangsur Surut

Fahreza Rizky · Minggu, 22 Agustus 2021 - 10:22:00 WIB
Banjir di Wilayah Katingan Kalteng Berangsur Surut
Banjir di Katingan Kalimantan Tengah (Ade Sata/iNews)

JAKARTA, iNews.id - Banjir yang melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, telah berangsur surut pada Minggu (22/8/2021). Ketinggian air di beberapa wilayah juga sudah mulai turun.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan, Andi B. Baron, mengatakan, banjir sebelumnya terjadi karena dipicu oleh intensitas hujan tinggi di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan yang kemudian menyebabkan Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut meluap. Akibatnya luapan tersebut masuk ke permukiman penduduk.

Kondisi cuaca tersebut menurut Andi memang telah sesuai dengan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya.

"Hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah hulu dan tengah Sungai Katingan pada tanggal 19, 20 dan 21 Agustus 2021, sesuai perkiraan BMKG pusat," kata Andi, Minggu (22/8/2021).

Andi menambahkan, berdasarkan pendataan oleh tim di lapangan, peristiwa banjir yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut telah merendam 13 desa di empat kecamatan dan berdampak pada 384 Kepala Keluarga (KK) dengan total 1.536 jiwa.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: