Banjir di Rel KA Surut, Kereta Api Bandara Soekarno Hatta Kembali Beroperasi

Hasnugara ยท Selasa, 25 Februari 2020 - 18:32 WIB
Banjir di Rel KA Surut, Kereta Api Bandara Soekarno Hatta Kembali Beroperasi
KA BAndara Soekarno Hatta yang sempat tidak beroperasi karena sebagian rel tergenang banjir, sudah kembali beroperasi sejak Selasa siang (25/2/2020). (Foto: iNews/Hasnugara)

BANTEN, iNews.id – Kereta Api (KA) Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) sempat tidak beroperasi sejak Selasa (25/2/2020) pagi lantaran jalur kereta di wilayah Sudirman, Jakarta, terendam banjir. Namun, Selasa siang tadi, PT Railink menginformasikan kereta bandara telah beroperasi kembali.

“Kami informasikan kepada penumpang KA Bandara Soetta bahwa saat ini perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta telah kembali normal beroperasi sejak pukul 12.10 WIB,” kata pihak KA Bandara Railink dalam akun Twitter @RailinkARS.

Kepada penumpang yang terdampak gangguan perjalanan KA Bandara hari ini, dapat melakukan pengembalian tiket 100 persen. Caranya dengan menyertakan bukti tiket dan bukti transaksi ke email info@rainlink.co.id

“Untuk tiket KA Bandara dari Traveloka, Bukalapak dan Tiket.com yang sudah di-redeem, penggantian berupa voucher sesuai dengan relasi yang dipilih penumpang,” kata Railink.

Sebelumnya KA Bandara Soetta sempat berhenti beroperasi sementara karena banjir yang merendam rel KA. Operasional berhenti mulai pukul 06.10 WIB tadi hingga sampai waktu yang belum dapat ditentukan.

Kapolresta Bandara Soetta Kombes Pol Adi Ferdian Saputra juga memastikan untuk transportasi KA Bandara Soetta sudah kembali beroperasi normal karena jalur kereta di wilayah Jakarta sudah tidak terendam banjir.

“Memang tadi sempat berhenti beroperasi, tapi sudah kembali beroperasi siang tadi,” ujarnya.

Dia menambahkan, di sejumlah titik rawan banjir di wilayah Bandara Soetta tidak ditemukan genangan maupun banjir. Meski wilayahnya tidak dilanda banjir, pihaknya selalu waspada. Polisi terus memonitoring untuk memastikan sejumlah titik rawan banjir yang ada di kawasan Bandara Soetta aman dari banjir.

“Sejak Senin malam, petugas sudah melakukan pemantauan di sejumlah titik rawan banjir di Bandara Soetta seperti di underpass parimeter dan arus lalu lintas di Tol Bandara Soetta,” kata Adi Ferdian.

Bahkan, untuk mengantisipasi dampak banjir di wilayah Tol Bandara Soetta, polisi menyiagakan 30 petugas lalu lintas di lapangan. Dengan begitu, aktivitas pengguna jasa transportasi penerbangan bisa berjalan normal dan lancar.

Sementara seorang pengguna jasa KA Bandara Soetta, Ifan mengatakan, akibat genangan air di rel kereta kawasan Sudirman, kereta mengalami keterlambatan berangkat sekitar 15 menit hingga 20 menit. Namun, selain itu, tidak ada gangguan selama perjalanan menuju bandara.


Editor : Maria Christina