Banjir di Konawe Utara Paksa Ribuan Warga Mengungsi

Febriyono Tamenk ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 15:39 WIB
Banjir di Konawe Utara Paksa Ribuan Warga Mengungsi
Sejumlah warga korban banjir di Konawe Utara mengungsi ke Huntara. (Foto: iNews/Febriyono Tamenk)

KONAWE UTARA, iNews.id – Banjir di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terjadi sejak Kamis (9/7/2020) terus meluas. Hingga Sabtu (11/7/2020), banjir telah merendam 18 desa. Banjir juga memaksa ribuan jiwa dari 18 desa mengungsi.

Tercatat ada 2.615 jiwa yang sudah berada di pengungsian dari total 3.741 warga yang terdampak banjir.

Ribuan warga yang merupakan korban banjir itu mengungsi di tempat hunian sementara atau huntara yang berlokasi di Desa Puwanggudu, Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara.

Berdasarkan data BPBD, ada 2.615 jiwa yang terpaksa diungsikan karena rumah mereka masih digenangi banjir dengan ketinggian 70 cm hingga satu meter.

Sedangkan jumlah warga yang terdampak banjir tercatat ada 1.267 kepala keluarga yang terdiri atas 3.741 jiwa dari 18 desa.

Salah satu pengungsi, Ahadi mengaku khawatir dan merasa tidak nyaman untuk kembali ke rumah karena kondisi cuaca yang tak menentu. “Sudah tiga kali ini rumah kami kebanjiran selama sebulan,” katanya.

Kabid Kedaruratan BPBD Konawe Utara, Jasmidi mengatakan, ada lima desa terparah yang semua warganya telah diungsikan akibat banjir. Lima desa itu berada di Kecamatan Andowia dan Asera.

“Warga diungsikan ke tempat hunian sementara,” ucapnya.

Hingga Sabtu siang, wilayah Konawe Utara masih diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Warga hanya bisa berharap kepada pemerintah setempat untuk mencarikan solusi agar permukiman mereka bisa terbebas dari bencana banjir.


Editor : Kastolani Marzuki