Banjir di Konawe Utara Meluas, Ratusan Rumah di 3 Kecamatan Terendam

Febriyono Tamenk ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 14:48 WIB
Banjir di Konawe Utara Meluas, Ratusan Rumah di 3 Kecamatan Terendam
Sejumlah pengguna jalan memakai jasa rakit untuk menyeberang akibat jalur utama trans Sulawesi di Konae Utara terendam banjir. (Foto: iNews/Febriyono tamenk)

KONAWE UTARA, iNews.id - Banjir yang terjadi di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini semakin meluas akibat hujan yang terus mengguyur wilayah itu dalam tiga hari berturut-turut, Jumat (10/7/2020). Selain memutus jalur trans Sulawesi, banjir juga merendam ratusan rumah warga, tempat ibadah dan sekolah di enam desa yang tersebar di tiga kecamatan.

Salah satu desa terparah dilanda banjir yakni Labungga, Kecamatan Andowia. Di lokasi itu, ketinggian banjir mencapai 70 cm hingga 1 meter. Warga terpaksa pun mengevakuasi barang-barangnya ke lokasi yang lebih aman.

Warga Desa Labungga, Karsa mengatakan, banjir sudah tiga kali terjadi dalam dua bulan terakhir. Dia pun khawatir banjir akan semakin parah karena kondisi cuaca tidak menentu.

“Kalau banjir semakin tinggi, kami sekeluarga harus mengungsi. Sementara ini, kami amankan dulu barang-barang di rumah dari banjir,” katanya.

Banjir yang sudah berlangsung dua hari itu membuat aktivitas masyarakat di Konawe Utara lumpuh karena akses utama Jalur Trans Sulawesi di Desa Sambandete, Kecamatan Oheo hingga kini masih terputus. Para pengendara pun harus rela mengantre untuk menumpangi jasa rakit agar bisa menyeberang.


Editor : Kastolani Marzuki