Banjir di Batanghari Jambi Rendam 7.000 Rumah, Warga Kekurangan Sembako

Joni Firdaus · Selasa, 01 Desember 2020 - 16:16:00 WIB
Banjir di Batanghari Jambi Rendam 7.000 Rumah, Warga Kekurangan Sembako
Banjir satu meter merendam 7.000 rumah di Batanghari, Jambi akibat hujan deras. (Foto: iNews/Joni Firdaus)

BATANGHARI, iNews.id – Ribuan rumah di Kabupaten Batanghari, Jambi terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu dalam beberapa hari terakhir, Selasa (1/12/2020). Dari data BPBD Batanghari, total ada 7.000 yang tersebar di tujuh kecamatan terendam banjir.

Akibat banjir, aktivitas warga lumpuh tortal karena semua akses jalan tidak bisa dilewati kendaraan lantaran terendam banjir. Satu-satunya upaya warga agar bisa beraktivitas yakni menggunakan perahu sampan.

Banjir tersebut juga memaksa sebagian warga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi seperti di rumah-rumah panggung.

Salah satu daerah terparah dilanda banjir yakni di Kecamatan Muaratembesi. Warga saat ini menggunakan sampan atau perahu kecil sebagai sarana transportasi jika hendak keluar rumah.

Sebagian masyarakat terpaksa menetap di rumah karena tidak memiliki sampan atau perahu kecil tersebut. Kondisi air yang saat ini hingga satu meter lebih menenggelamkan rumah yang tidak bertiang. Pemilik rumah terpaksa mengungsi ke rumah panggung sambil menunggu bantuan dari pemerintah daerah.

Warga Muaratembesi, Halimah mengatakan, banjir saat ini sudah parah. Dia pun tidak bisa mencari nafkah karena semua akses jalan terendam.

“Saya tidak bisa sadap karet lagi karena kebun karetnya juga terendam,” ujarnya.

Menurut Halimah, untuk pergi keluar rumah sudah sangat sulit karena harus menggunakan sampan atau perahu kecil. “Kalau tidak ada perahu ya tidak keluar rumah,” ucapnya.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, Halimah bersama keluarga hanya mengandalkan sisa stok sembako lama dan sudah hampir habis.

“Sekarang sudah mulai habis. Kami dan warga korban banjir lainnya sudah mulai kekurangan bahan pokok. Banyak juga yang sakit,” ucapnya.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2