Banjir di Aceh Barat Terus Meninggi, Ratusan Warga Mengungsi

Afsah ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 21:00 WIB
Banjir di Aceh Barat Terus Meninggi, Ratusan Warga Mengungsi
Seorang ibu mengevakuasi anaknya menggunakan boks styrofoam menerjang banjir untuk mengungsi ke lokasi lebih aman. (Foto: iNews/Afsah)

MEULABOH, iNews.id – Ratusan warga di Kabupaten Aceh Barat mulai mengungsi setelah wilayah mereka terendam banjir setinggi satu meter, Selasa (28/7/2020). Banjir yang terjadi akibat hujan deras sejak Senin (27/7/2020) lalu itu telah merendam ribuan rumah warga di tujuh kecamatan.

Ketinggian air bahkan terus meningkat. Warga pun nekat menerobos banjir untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Salah satu desa terparah dilanda banjir yakni Pasie Masjid, Kecamatan Muarebeo. Di desa tersebut, banjir merendam seluruh rumah warga setinggi satu meter lebih.

Kepala Desa Pasien Masjid, Irmadi mengatakan, warga swadaya mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman. “Belum ada petugas yang datang. Warga swadaya membawa anak dan barang berharga dengan alat seadanya di tengah banjir,” katanya.

Dia berharap adanya bantuan baik evakuasi maupun tenda pengunsian mengingat debit air semakin meningkat. Hingga Selasa malam, wilayah Aceh Barat masih diguyur hujan lebat dan dikhawatirkan banjir semakin meluas.

Dari data BPBD Aceh Barat, sebaran banjir di Aceh Barat meliputi Kecamatan Johan Pahlawan tersebar di Desa Ceukok Marek, Leuhan, Gampa 1, Kuta Padang, Ujong Kalak, Ujong Baroh, Kampung Belakang, Suak Indrapuri, Lapang, serta Desa Seuneubok.

Kemudian di Kecamatan Kaway XVI banjir juga merendam rumah warga di sejumlah desa meliputi Desa Pasi Jambu, Alue Tampak, Meunasah Buloh, Padang Mancang, Gampong Masjid, Desa Muko, Keudee Aron, Meunasah Rayeuk, Simpang Peunia, Tumpok Ladang.

Sedangkan di Kecamatan Meureubo banjir merendam Desa Pasi Pinang, Ujong Tanjong, Ranto Panyang, Pasi Masjid, serta Peunaga Rayeuk.

Banjir juga merendam rumah warga di Kecamatan Woyla Timur diantaranya di Desa Blang Luah, Blang Cot Rubek, Blang Cot Mameeh, Blang Cot Luah, Napai, Pasi Mali, Lhok Manee, Cot Rambong, serta Kolam Kaju.

Sementara di Kecamatan Arongan Lambalek, menurut Mukhtaruddin, banjir baru merendam satu desa yakni Desa Gunong Pulo. Sedangkan di Kecamatan Pante Ceureumen banjir merendam satu desa yakni Desa Seumantok, serta di Kecamatan Sungai Mas dua desa masing-masing Desa Geudong dan Tutut.

“Sejauh ini kami masih terus berupaya melakukan penanggulangan terhadap musibah banjir yang dialami oleh ribuan warga di Aceh Barat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, Dr Mukhtaruddin.


Editor : Kastolani Marzuki