Banjir Bandang Terjang Ratusan Rumah di Bandarlampung, 1 Warga Tewas

Andres Afandi, Antara ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 14:04 WIB
Banjir Bandang Terjang Ratusan Rumah di Bandarlampung, 1 Warga Tewas
Wali Kota Bandarlampung Herman HN saat meninjau proses pembersihan lumpur di rumah warga yang terdampak banjir bandang, Selasa (31/3/2020). (Foto: Antara)

BANDARLAMPUNG, iNews.idBanjir bandang menerjang Kecamatan Teluk Betung Timur, Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, Senin (30/3/2020) malam. Akibatnya, ratusan rumah warga di dua kelurahan rusak tersapu banjir dan satu warga meninggal dunia.

Camat Teluk Betung Timur Zulkifli mengatakan, dua kelurahan yang terdampak banjir yakni, Sukamaju dan Keteguhan. Di Kelurahan Sukamaju, lingkungan I, ada tiga RT yang terdampak, yaitu RT 1, 2 dan 6 dengan total rumah yang rusak sebanyak 139 unit.

“Dari jumlah itu, sebanyak 33 unit rumah rusak berat, 103 rusak ringan dan 3 rumah hanyut diterjang air banjir,” kata Zulkifli di Bandarlampung, Selasa (31/3/2020).

Di Kelurahan Keteguhan, yang terdampak oleh banjir ada tiga lingkungan, yakni satu, dua, dan tiga. Jumlah rumah yang tersapu banjir 15 unit dan korban meninggal satu orang.

“Data jumlah RT dan rumah yang terdampak banjir di Keteguhan kami belum dapat sebab rumah RT-nya juga terkena banjir. Jadi laporan resmi belum masuk,” katanya.

Saat ini, warga korban banjir bandang sangat membutuhkan makanan dan air mineral atau air bersih. Hari ini rencananya Pemerintah Kota Bandarlampung membangun dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak.

Pantauan di lokasi, saat ini, tim gabungan dari Pemkot Bandarlampung sedang berupaya mengevakuasi barang-barang warga yang masih bisa diselamatkan. Tim juga membersihkan lumpur bawaan banjir yang masuk ke dalam rumah warga.


Editor : Maria Christina