5 Positif Corona di Aceh, Perantau Kirim 2 Ton Disinfektan dan Hand Sanitizer

Antara ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 11:54:00 WIB
5 Positif Corona di Aceh, Perantau Kirim 2 Ton Disinfektan dan Hand Sanitizer
Personel Polda Aceh dari jajaran Polresta Banda Aceh, Satuan Brimob dan Bid Dokkes menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (20/3/2020). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kasus positif corona di Provinsi Aceh kini berjumlah lima orang. Untuk mendukung pemerintah dan warga mengantisipasi penyebaran virus tersebut, para warga perantau dari Aceh mengirimkan dua ton disinfektan dan 500 kilogram hand sanitizer.

Para warga Aceh di perantauan itu terdiri atas Forum Bersama (Forbes) Aceh, Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA) dan pengusaha Aceh. Pengiriman disinfektan dan cairan pencuci tangan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan empati pada masyarakat Aceh yang saat ini juga tengah berjuang melawan pandemi Covid-19.

"Saat ini, disinfektan dan hand sanitizer tersebut telah dibawa ke salah satu pengangkutan untuk segera dikirim ke Aceh malam ini," kata Kepala BPPA Almuniza Kamal dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Almuniza menyebutkan bantuan itu nantinya akan diterima oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Aceh yang dipimpin Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Rencananya, disinfektan dan hand sanitizer disumbangkan kepada rumah sakit yang ada di Aceh, untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang meluas.

Dia juga merinci bantuan tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) CSR dari pengusaha Aceh di perantauan di antaranya Hamdani Bantasyam, PT Phonna Teknologi Indonesia dan PT Radja Razia Phonna, dan Effendi Tios pemilik PT Kencana Hijau Binalestari.

Hamdani Bantasyam yang juga Business Head Heavy & Mining Nalco Water Indonesia, mengharapkan sumbangan tersebut bisa bermanfaat dan menjadi penyemangat Rakyat Aceh untuk bersatu melawan pandemi Covid-19.


Editor : Maria Christina