Banjir Bandang Terjang Lebak Banten, Puluhan Rumah Rusak, 1 Orang Hilang

Iskandar Nasution ยท Rabu, 01 Januari 2020 - 12:59 WIB
Banjir Bandang Terjang Lebak Banten, Puluhan Rumah Rusak, 1 Orang Hilang
Banjir bandang menerjang Kabupaten Lebak, Banten akibat hujan deras, Rabu (1/1/2020). (Foto: iNews/Iskandar Nasution)

LEBAK, iNews.id - Banjir bandang menerjang dua desa di Kecamatan Sajira dan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten, Rabu (1/1/2020). Bencana itu mengakibatkan puluhan rumah warga rusak dan satu orang hilang. Selain itu, dua desa terisolasi akibat akses jalan terputus.

Sejumlah tiang listrik juga hanyut terbawa derasnya banjir bandang akibat meluapnya Sungai Ciberang. Banjir bandang terjadi setelah hujan deras berjam-jam mengguyur wilayah itu sejak Selasa (31/12/2019) sore hingga Rabu (1/1/2020) dini hari. Kecamatan Sajira dan Cipanas menjadi wilayah yang terparah terkena banjir bandang tersebut.

Warga Cipanas, Herly Suhendi mengatakan, ada dua kampung yakni Kalapanunggal dan Sajiraunggul, Desa sukasari, Kecamatan Cipanas yang terisolasi akibat akses jalan terputus.

“Jalannya putus kena banjir bandang. Baru kali ini saya lihat banjir begitu derasnya. Ketinggian air diperkirakan hingga lebih dari tiga meter mencapai atap rumah warga,” katanya.

Hingga saat ini Basarnas dan BPBD Lebak telah berupaya menuju lokasi terdampak bencana. "Kami mengerahkan puluhan relawan tangguh untuk melakukan pertolongan kepada warga yang dilanda banjir itu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi.

Dengan dukungan dari aparat TNI, Polri, PMI, dan Taruna Siaga Bencana, ia mengatakan, anggota relawan tangguh turun ke permukiman warga yang kebanjiran untuk memberikan pertolongan.

Petugas juga mengerahkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang permukimannya terdampak banjir ke tempat yang lebih aman.

Kaprawi mengatakan, BPBD juga menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang menghadapi dampak banjir serta mendirikan tenda pengungsian bagi warga yang harus mengungsi.


Editor : Kastolani Marzuki