Banjir 2 Meter Rendam 7 Desa di Kotawaringin Barat, Ratusan Warga Diungsikan

Sigit Dzakwan Pamungkas ยท Selasa, 30 Juni 2020 - 15:42 WIB
Banjir 2 Meter Rendam 7 Desa di Kotawaringin Barat, Ratusan Warga Diungsikan
Jajaran Polres Kotawaringin Barat Kalteng mendistribusikan bantuan sembako bagi korban banjir. (Foto: iNews/Sigit Dzakwan)

KOTAWARINGIN BARAT, iNews.id - Banjir setinggi dua meter merendam tujuh desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng). Akibat bencana itu, lebih dari 260 rumah terendam banjir. Selain itu, sebanyak 600 jiwa terpaksa mengungsi ke tempat aman.

Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Dharma Ginting mengatakan, banjir terjadi akibat curah hujan sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Banjir ini merendam sejumlah wilayah di Kelurahan Pangkut dan enam desa di Kecamatan Arut Utara,” katanya, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, jajarannya bersama seluruh perwira dan TNI memantau langsung sejumlah titik banjir yang ada di wilayah Kecamatan Arut Utara.

“Debit air sudah tinggi sedada orang dewasa, bahkan ada juga yang mencapai dua meter,” ucapnya.

Karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang rumahnya terendam untuk meninggalkan tempat tinggal dan segera mengungsi ke tempat yang aman. “Kita mengimbau kepada warga untuk tetap berhati-hati. Termasuk kepada warga yang dekat dengan bantaran sungai serta daerah terdampak banjir agar lebih waspada,” katanya.

Untuk meringankan beban korban banjir, kata dia, Polres Kobar sambil mengantarkan 200 sak beras berisi 5 kg secara door to door sekaligus bantuan sosial menyambut HUT ke-74 Bhayangkara.

Camat Arut Utara, M Nursyah Ikhsan mengatakan, sebagian besar warga memilih bertahan di rumah dengan membuat papan kayu di atas air di dalam rumah. “Mereka masih enggan mengungsi kerena menjaga harta benda,” ujar Ikhsan.


Editor : Kastolani Marzuki