Ayam Ternak di Kendari Mati Kepanasan, Petani Rugi Puluhan Juta Rupiah

Febriyono Tamenk ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 11:33 WIB
Ayam Ternak di Kendari Mati Kepanasan, Petani Rugi Puluhan Juta Rupiah
Yam ternak banyak mati kepanasan di Kendari, Sultra. (Foto: iNews.id/Febriyono Tamenk)

KENDARI, iNews.id – Ratusan ayam ternak di Kendari, Sulawesi Tenggara mati akibat cuaca panas yang terjadi sepekan terakhir. Kerugian petani diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Lebih dari 300 ekor ayam potong milik salah satu peternak di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, Kabupaten Kendari, Sulawesi Tenggara mati dalam sepekan terakhir. Cuaca sangat panas yang melanda Kota Kendari mengakibatkan ayam kepanasan dan mati.

Dari informasi yang dihimpun, cuaca di Kendari sepekan terakhir mencapai 37 derajat celcius. Untuk mengurangi dampak buruk cuaca panas, peternak menyemprotkan air tiap dua jam sekali di siang hari. Namun demikian, tetap saja ada ayam yang mati kepanasan.

Menurut salah satu peternak ayam, Akbar Rakhman, tiap tahun pasti ada masa-masa cuaca panas. Namun cuaca panas yang terjadi saat ini lebih parah jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Ini sudah seminggu tidak kunjung hujan. Akibatnya ayam tidak nafsu makan dan mati,” katanya.

Peternak kebingungan untuk mengatasi agar ayam mereka tidak mati akibat suhu yang begitu panas. Sementara ayam yang mati dikubur untuk menghindari timbulnya penyakit ayam baik kepada ayam yang hidup atau manusia.


Editor : Umaya Khusniah