Aturan Pelarangan Mudik Berlaku, Pelabuhan Merak Setop Angkut Penumpang hingga 31 Mei

Okezone ยท Jumat, 24 April 2020 - 23:45:00 WIB
Aturan Pelarangan Mudik Berlaku, Pelabuhan Merak Setop Angkut Penumpang hingga 31 Mei
Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (Foto: Dok iNews.id)

SERANG, iNews.id - Aturan pelarangan mudik diberlakukan mulai hari ini, Jumat (24/4/2020). Pelabuhan Merak telah menyetop pengangkutan penumpang sejak hari ini dan akan berlaku hingga 31 Mei mendatang.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Banten, Hasan Lessy mengatakan, pihaknya akan menerapkan aturan pelarangan mudik yang telah ditetapkan pemerintah. Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak akan tetap melayani dan mengangkut kendaraan besar yang membawa kebutuhan pokok, seperti sembako, bahan bakar minyak (BBM), dan yang lain, dari Pulau Jawa ke Sumatera maupun sebaliknya.

"Kalau sudah ada warning dari pemerintah seperti itu (pelarangan), kami menyesuaikan. Kami ikuti pemerintah. Kalau sudah ada pembatasan, kami sesuaikan dengan pemerintah," ujar Hasan Lessy.

Meski ada pembatasan, tujuh dermaga di Pelabuhan Merak tetap beroperasi. Namun, secara bertahap akan ada pengurangan jumlah kapal yang beroprasi lintas Pelabuhan Merak-Bakauheni.

"Semua dermaga dioperasikan. Tapi, operasi (kapal) masing-masing dermaga yang dikurangi nanti mulai 1 Mei. Dari 5 kapal yg beroperasi menjadi empat kapal yg beroperasi per dermaga. Tinggal 22 kapal dari biasa nya 34 kapal," ujar Kepala BPTD Wilayah VIII Banten Nurhadi.

Nurhadi menegaskan, kapal yang beroperasi akan mengangkut kendaraan logistik yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Kendaraan itu termasuk yang membawa kebutuhan pokok, seperti sembako dan BBM.  

"Mereka tetap memuat (kendaraan yang membawa) logistik, kalau mereka (pengusaha kapal) keberatan dan menarik diri, tidak diberi sanksi," ucapnya.

Editor : Maria Christina