Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Lombok Timur

Ramli Nurawang ยท Senin, 26 Oktober 2020 - 17:15:00 WIB
Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Lombok Timur
Petugas kecamatan mengamati rumah warga yang ambruk akibat diterjang angin puting beliung di Lombok Timur. (Foto: iNews/Ramli Nurawang)

LOMBOK TIMUR, iNews.idAngin puting beliung merusak puluhan rumah di Desa Jenggik Utara, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana yang yang terjadi Minggu (25/10/2020) sore itu. Namun, puluhan kepala keluarga harus mengungsi ke rumah kerabat.

Korban angin puting beliung, Senun menuturkan, bencana angin puting beliung diawali hujan lebat yang mengguyur desanya. “Setelah turun hujan muncul angin sangat kencang,” katanya, Senin (26/10/2020).

Kencangnya tiupan angin puting beliung itu mengakibatkan delapan rumah rusak berat dan 15 lainnya rusak ringan.

Kerusakan rata-rata terjadi pada bagian atap dan plafon rumah warga. Angin kencang tersebut juga menumbangkan sejumlah pohon dan menerpa tembok rumah warga.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, beberapa kepala keluarga terpaksa mengungsi ke rumah keluarga terdekat karena rumahnya rusak diterjang angin kencang.

Camat Montong Gading, Mursidi Yamin mengatakan, pemerintah mengupayakan bantuan material bagi korban bencana puting beliung.

Dia juga meminta warga meningkatkan kewaspadaan karena cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.


Editor : Kastolani Marzuki