Alumni Akpol 1991 Sebar 25.600 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

Irfan Ma'ruf ยท Senin, 27 Juli 2020 - 23:25 WIB
Alumni Akpol 1991 Sebar 25.600 Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Ketua Alumni Akpol 1991 Irjen Pol Mohammad Iqbal menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 Batalion Bhara Daksa menggelar bakti sosial berupa pembagian 25.600 paket sembako serta modal usaha kepada masyarakat terdampak langsung pandemi corona (Covid-19). Kegiatan social itu digelar serentak di 34 Polda jajaran seluruh Indonesia.

“Pelaksanaan kegiatan baksos ini adalah bukti kepedulian kami terhadap masyarakat Indonesia. Kami menyadari, bahwa peran Polri sangat dibutuhkan dalam masa pandemik Covid-19, oleh karena itu kami harus berperan aktif, salah satunya adalah melakukan kegiatan baksos,” kata Ketua Alumni Akpol 1991 Irjen Pol Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/7/2020).

Iqbal mengatakan, kegiatan bakti sosial tersebut merupakan wujud komitmen dari alumni Akpol 1991 untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut juga didasari dampak Covid-19 yang kini mengganggu situasi ekonomi dunia, termasuk Indonesia.

Kegiatan bakti sosial tersebut, kata dia, juga dalam bentuk pemberian modal usaha untuk masyarakat yang memiliki usaha di kawasan wisata tersebut. "Kegiatan ini serentak kami lakukan di seluruh polda di Indonesia," ujar Iqbal.

Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) ini menyatakan, aksi tersebut juga bisa dimaknai untuk menghormati seluruh anggota almamater Akpol 91 yang sudah menjalani 29 tahun pengabdiannya.

"Ada yang bernilai tinggi selain gerakan sosial tadi. Maknanya juga luar biasa untuk kebersamaan. Kita bertemu di Akademi Kepolisian di tahun sama, berkeringat bersama, ditempa bersama, bangkit bersama, tertawa bersama, bandel bersama, diwisuda bersama, berkarir bersama, kemudian kelak pensiun bersama, dan menua bersama," ujarnya.

Jenderal bintang dua ini melanjutkan, hari jadi Akpol 91 kali ini bisa lebih dimaknai mendalam. Terlebih di masa pandemi saat ini, setiap jajaran Akpol 91 bisa saling mengoreksi dan memberikan semangat agar ke depan jauh lebih baik lagi dalam pengabdian.

"Tiap peringatan adalah sebuah titik rehat sejenak. Semacampauseuntuk merenungkan, bahwa kita sebenarnya adalah saudara yang dipertemukan oleh takdir. Meski belum bisa dikategorikan pengabdian panjang, namun juga bukan sebuah rentang waktu yang singkat. Sudah mulai tiba masa di mana banyak dari kita mendapat amanah dan menuai prestasi, posisi, dan jabatan sesuai dengan apa yang telah kita berikan untuk negara," ujar dia.

Iqbal menuturkan, meski kisah Akpol 91 tak sedramatis seperti apa yang terjadi di perang, tapi pada dasarnya persaudaraan pun berada pada titik yang sama. "Saya pernah membaca, bahwa persaudaraan yang paling kuat terjadi di saat perang. Antara tentara yang bersama-sama menanggung beratnya beban perang," katanya.


Editor : Kastolani Marzuki