7 Museum Tertua di Indonesia, Nomor 1 Tersimpan Koleksi Benda Prasejarah dari Zaman Batu

Azizah Refifa Aqsha ยท Selasa, 20 September 2022 - 14:15:00 WIB
7 Museum Tertua di Indonesia, Nomor 1 Tersimpan Koleksi Benda Prasejarah dari Zaman Batu
Museum tertua di Indonesia menyimpan banyak benda bersejarah dan memiliki nilai historis yang sangat penting. (Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id).

JAKARTA, iNews.id - Museum tertua di Indonesia menyimpan banyak benda bersejarah dan memiliki nilai historis yang sangat penting. Pengumpulan benda-benda bersejarah ini dilakukan sejak masa penjajahan pemerintahan Hindia-Belanda.

Dilansir dari laman Kemdikbud.go.id, museum mengelola bukti material hasil budaya dan/atau material alam dan lingkungannya yang mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan, teknologi dan/atau pariwisata untuk dikomunikasikan serta dipamerkan kepada masyarakat umum melalui pameran permanen, temporer dan keliling. 

Berikut deretan museum tertua di Indonesia:

1. Museum Nasional Republik Indonesia

Terletak di Jalan Merdeka Barat No 12, Jakarta. Museum ini awalnya dikenal dengan nama Museum Royal Batavian Society of Arts and Sciences Batavia.

Museum Nasional merupakan Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara yang diresmikan pada 1886 oleh Persatuan Kesenian dan Ilmu Pengetahuan Batavia. 

Di dalam museum ini terdapat berbagai koleksi benda prasejarah dari zaman batu, yakni: 

- Artefak
- Menhir
- Arca-arca kuno
- Barang kerajinan
- Fosil
- Prasasti serta senjata purba dari pelosok Nusantara.

2. Museum Bank Indonesia

Terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 3 Jakarta Barat. Museum ini dibangun pada 1828 dan awalnya dijadikan sebagai gedung Bank Indonesia yang digunakan oleh De Javasche Bank pada masa penjajahan Belanda.

Museum Bank Indonesia telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai bangunan cagar budaya sesuai SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.475 tahun 1993 dan mulai dibuka untuk umum pada tanggal 19 Juli 2009. Di museum ini terdapat benda-benda koleksi yang terkait dengan sejarah Bank Indonesia termasuk pelestarianya.

3. Museum Fatahillah

Terletak di Jalan Taman Fatahillah No 1 Jakarta Barat. Museum ini didirikan oleh Gubernur Jenderal Joan Van Hoorn pada 1707 sampai 1712. Pada awalnya museum yang bernama resmi Museum Sejarah Jakarta ini merupakan gedung balai kota Batavia.

Museum Fatahillah menyimpan sejarah Jakarta dari masa prasejarah hingga berdirinya kota Jayakarta pada 1527. Di Dalam museum ini terdapat sekitar 25.000 benda koleksi mulai dari zaman prasejarah hingga koleksi abad ini.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: