5 Personel Polda Banten Dipercaya Gabung Misi Perdamaian PBB, Ini Nama-namanya

Antara ยท Kamis, 26 Agustus 2021 - 13:35:00 WIB
5 Personel Polda Banten Dipercaya Gabung Misi Perdamaian PBB, Ini Nama-namanya
Kelima personel Polda Banten yang dipercaya untuk menjalani misi perdamaian dunia di bawah organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). (Foto: Humas Polda Banten)

SERANG, iNews.id - Sebanyak lima personel Polda Banten dipercaya menjalani misi perdamaian dunia di bawah organisasi Internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations (UN). Mereka akan menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah.

Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga mengatakan, dengan mengirimkan lima personel terbaik merupakan prestasi bagi Polda Banten. Sebab perwakilannya akan bertugas di PBB.

"Ini merupakan salah satu pencapaian yang luar biasa karena kami dari Polda Banten bisa mengirimkan personel terbaik untuk menjalankan misi perdamaian di Afrika Tengah," ujar Shinto, Kamis (26/8/2021).

Dia berpesan kepada kelima personel Polda Banten yang bertugas di Afrika Tengah agar mampu melaksanakan tugas-tugas secara profesional dengan penuh integritas. Tujuannya agar mereka mampu menjaga nama baik Indonesia juga Polri khususnya di mata dunia Internasional.

“Kepada personel yang saat ini sedang melaksanakan tugas negara, saya berpesan betul agar profesional dengan penuh integritas. Jaga kesehatan, jaga nama baik bangsa Indonesia, jaga nama baik institusi Polri dan Polda Banten di mata dunia Internasional,” katanya.

Kelima anggota tersebut yakni Aipda Budi Kurniawan, Bripka Triyantoro dan Bripka Agung Waliadi Irawan yang berasal dari personel Sat Brimob Polda Banten.

Kemudian Brigadir Dwi Suryono personel Polres Lebak Polda Banten dan terakhir Brigadir Iis Mulyani personel Polwan Ditreskrimsus Polda Banten.

Kelimanya akan bergabung dalam Kontingen Satuan Tugas Garuda Bhayangkara Formed Police Unit (FPU) 2 Minusca di Bangui Republik Central Afrika Tengah.

Formed Police Unit (FPU) Indonesia mempunyai tugas dan wewenang sesuai mandat pada misi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Tiga tugas utama FPU adalah melindungi personel dan fasilitas PBB, manajemen ketertiban umum, serta mendukung kegiatan operasi kepolisian di daerah misi.

FPU Garuda Bhayangkara Indonesia memiliki kemampuan seperti penanggulangan huru-hara, Search And Rescue (SAR), Penjinakan Bom, Investigasi, Intelijen, Kontra Teroris, Perlindungan Very Very Important Person (VVIP), penembak jitu, komunikasi elektronik, mekanik hingga memasak.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: