40 Petani di Mukomuko Jadi Tersangka Pencurian Sawit, Begini Sikap Gubernur Bengkulu

Antara ยท Selasa, 17 Mei 2022 - 17:04:00 WIB
40 Petani di Mukomuko Jadi Tersangka Pencurian Sawit, Begini Sikap Gubernur Bengkulu
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah soal 40 petani di Mukomuko jadi tersangka pencurian sawit. (ANTARA/Anggi Mayasari)

BENGKULU, iNews.id - Sebanyak 40 petani ditetapkan sebagai tersangka kasus pencurian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit milik PT Daria Dharma Pratama (DDP) di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu. Terkait hal tersebut, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan proses hukum harus ditegakkan.

Menurutnya, penanganan tindak kriminal merupakan sepenuhnya kewenangan dari polisi. Namun harus dipastikan proses hukum benar-benar berjalan secara adil dan menegakkan hak-hak masyarakat dengan cara yang benar.

"Saya telah berkoordinasi dengan Polda Bengkulu dan memastikan proses hukum harus ditegakkan. Saya juga telah berkoordinasi dengan Kapolres Mukomuko terkait permasalahan tersebut," kata Rohidin, Senin (16/5/2022).

Berdasarkan hasil rapat dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) diketahui PT DDP memiliki dokumen keabsahan kepemilikan HGU, perpanjangan dan status. Untuk lahan izin milik PT DDP akan berakhir HGU pada 2025 dan separuh dari total HGU seluas 1,8 ribu hektare hanya dikelola sekitar 900 hektare.

Saat ini persetujuan pelepasan lahan tersebut dipersiapkan perusahaan dan BPN telah melakukan pengukuran.

"Namun kenyataannya di lapangan, masyarakat setempat ingin mengelola lahan tersebut seluruhnya dan pengadilan yang bisa membuktikan kebenarannya," ujarnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsRegional di Google News

Bagikan Artikel: