4 Rumah Semi Permanen di Baubau Ludes Terbakar, Asal Api Masih Diselidiki

Andhy Eba ยท Senin, 02 Desember 2019 - 10:37 WIB
4 Rumah Semi Permanen di Baubau Ludes Terbakar, Asal Api Masih Diselidiki
Rumah semi permanen di Baubau, Sultra terbakar, Senin (2/12/2019). (Foto: iNews/Andhy Eba)

BAUBAU, iNews.id – Sebanyak emapat rumah semi permanen di Kelurahan Lanto, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) hangus terbakar, Senin (2/12/2019) pagi. Penyebab kebakaran belum diketahui, namun api diduga berasal dari salah satu rumah yang ditinggal sedang pemiliknya.

Api dengan cepat menjalar lantaran rumah tersebut terbuat dari bahan mudah terbakar ditambah kencangnya hembusan angin. Kepanikan warga semakin menjadi karena area tersebut merupakan pemukiman padat penduduk.

Korban kebakaran berupaya menyelamatkan harta bendanya, sementara warga lain berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Menurut salah satu korban kebakaran, Marni, dirinya terbangun karena teriakan kebakaran. Dia lantas berusaha menyelamatkan barang seperti pakaian dan sebagian alat masak serta anaknya.“Api berasal dari rumah tetangga sebelah,” katanya.

BACA JUGA: Kebakaran Pulau Sebuku Kotabaru, Warga Mulai Terima Bantuan Kebutuhan Pokok

Api berhasil dijinakkan satu jam kemudian setelah tiga unit mobil pemadam pemadam kebakaran (damkar) diturunkan. Kadis Pemadam Kebakaran Kota Baubau, Tamsil Tamim mengatakan petugas mendapat laporan adanya musibah ini pukul 08.33 WITA.

“Kami langsung mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran. Lokasi ini termasuk sulit dijangkau karena sempit, ada empat rumah terbakar,” katanya.

Belum diketahui penyebab pasti kebakaran dan masih dalam penyelidikan petugas. Bangunan yang terbakar rata dengan tanah karena didominasi dari bahan kayu.


Editor : Umaya Khusniah