3.000 Pasukan Gabungan TNI Polri Buru KKB di Tembagapura Papua

Edy Siswanto ยท Sabtu, 14 Maret 2020 - 08:12 WIB
3.000 Pasukan Gabungan TNI Polri Buru KKB di Tembagapura Papua
Pasukan gabungan TNI-Polri yang bertugas di Papua. (Foto: Antara)

JAYAPURA, iNews.id – Sedikitnya 3.000 pasukan gabungan TNI - Polri dikerahkan untuk melakukan penegakan hukum kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Tindakan mereka dinilai bukan sebuah perjuangan, melainkan premanisme.

"Dari aparat kepolisian ada sekitar 2.000 personel yang sudah standby, kemudian dari TNI sekitar 1.000 personel sehingga di total ada sekitar 3.000 personel yang disiagakan untuk penegakan hukum terhadap kelompok kriminal di Tembagapura," ujar Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Jumat (13/3/2020).

Kapolda mengaku aparat berupaya memblokade agar kelompok bersenjata tidak masuk ke perkampungan di wilayah Tembagapura. Empat kampung yang sebelumnya dikuasai KKB telah direbut.

"Sekarang anggota kami sudah menguasai tempat atau kampung-kampung yang sempat dikuasai KKB. Saat ini situasi di perkampungan jauh lebih baik. Kelompok kriminal ini sudah mundur ke daerah sekitar Opitawak, daerah di atas gunung botak jauh dari Tembagapura," katanya.

Kapolda menyebut penyerangan terhadap aparat TNI-Polri dan aksi pengancaman kepada warga oleh KKB sebagai bentuk premanisme. Kelompok kriminal ini berdalih perjuangan namun selalu melakukan aksi teror kepada masyarakat.

"Mereka ini seperti preman karena hidupnya hanya melakukan kekerasan dan mengangancam masyarakat, pengusaha dan aparat yang melakukan pengamanan di Tembagapura. Jadi tindakan mereka ini bukan sebuah perjuangan yang sering di klaim oleh mereka," kata Kapolda.


Editor : Donald Karouw