3 Serangan Mematikan Kesultanan Banten Bikin Kerajaan Pajajaran Tamat

Avirista Midaada · Jumat, 03 Juni 2022 - 07:01:00 WIB
3 Serangan Mematikan Kesultanan Banten Bikin Kerajaan Pajajaran Tamat
Ada tiga serangan mematikan Kerajaan Banten yang buat Pajajaran melemah (Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Serangkaian serangan dari Kerajaan Banten membuat Kerajaan Pajajaran  menyerah. Konon ada tiga serangan mematikan Kerajaan Banten yang buat Pajajaran melemah hingga akhirnya berhasil dikuasai. 

Kerajaan Banten sendiri melancarkan serangannya berkat koalisi dukungan dari Kesultanan Demak dan Cirebon.

Di mana saat itu Banten berhasil dikuasai pasukan Demak dan Cirebon, atas petunjuk Syarif Hidayatullah akhirnya memindahkan pusat pemerintahan Banten Girang ke pelabuhan Banten dari pedalaman. 

Pada akhirnya Kerajaan Banten merupakan satu kerajaan islam di Jawa yang masih satu frekuensi dengan Demak dan Cirebon. Di sisi lain, berdirinya Kerajaan Banten membuat Kerajaan Pajajaran kian terusik.

Dikisahkan pada buku "Hitam Putih Pajajaran : Dari Kejayaan Hingga Keruntuhan Kerajaan Pajajaran" dari tulisan Fery Taufiq El Jaquenne, Pajajaran tak memiliki kedekatan dengan Banten, apalagi sebelumnya merupakan daerah kekuasannya. 

Masih ada keinginan kembali dari Pajajaran untuk menguasai Banten lagi. Saat itu Pajajaran dipimpin oleh Surawisesa, pasca rajanya Prabu Siliwangi mangkat.

Saat itulah, beberapa kali terjadi pergolakan di wilayah - wilayah kerajaan kecil di sekitar Pakuan yang awalnya kerajaan bawahan. Tetapi oleh Surawisesa berhasil ditangani dengan susah payah.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: