2 Tugboat Bertabrakan di Tanjabar Jambi, 1 Nelayan Nyaris Tewas

Azhari Sultan ยท Rabu, 16 Desember 2020 - 16:00:00 WIB
2 Tugboat Bertabrakan di Tanjabar Jambi, 1 Nelayan Nyaris Tewas
Nelayan yang nyaris hilang berhasil ditemukan tim SAR saat insiden tabrakan dua tugboat di Tanjungjabung Barat Jambi. (Foto: iNews/Azhari Sultan)

JAMBI, iNews.id – Kecelakaan laut antartugboat terjadi di perairan Sungai Pengabuan, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabar), Jambi, Rabu (16/12/2020) dini hari.

Dari informasi yang diterima, Tugboat KM ASH 03 dengan Tugboat ASS Power bermuatan batubara bertabrakan saat akan bersandar. Akibat peristiwa itu, seorang nelayan dikabarkan hilang dalam kejadian tersebut.

Komandan Tim (Dantim) Basarnas Pos Siaga Kuala Tungkal, Ari mengatakan, dari keterangan nakhoda Tugboat AS POWER 5, kecelakan laut ini bermula ketika Tugboat AS POWER 5 yang sedang bersandar di pinggir Sungai Pengabuan atau Muara Bram Itam tiba-tiba ditabrak oleh Tugbout KM ASH 03.

Namun, dalam kecelakaan itu ada sebuah kapal pompong nelayan yang menempel di kapal tugbout tersebut. Akibatnya, kapal pompong nelayan itu terjepit antara Tugboat AS Power dan Tugbout KM ASH 03.

“Dalam kejadian itu, satu orang atau awak kapal pompong nelayan berhasil diselamatkan dan satu orang hilang, belum ditemukan," ujar Ari.

Beruntung, tim gabungan dari Polairud Baharkam Mabes Polri, Polairud Polda Jambi, Polairud Polres Tanjab Barat serta TNI AL Pos Kuala Tungkal yang melakukan pencarian terhadap satu orang yang hilang tersebut berhasil ditemukan.

"Alhamdulillah korban ditemukan sejauh lebih kurang 200 meter dari lokasi kejadian perkara," ungkap Humas Basarnas Jambi, Lutfhi, Rabu (16/12/2020).

Dia menambahkan, satu orang yang ditemukan ini diketahui bernama Syahrizal (25) warga Kampung Serindit Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat.

Editor : Kastolani Marzuki