10 Desa Terbaik di Indonesia, Nomor 9 Wisata Mengagumkan Banyak Didatangi Peselancar

Sintia Putri Balqis ยท Selasa, 13 September 2022 - 21:03:00 WIB
10 Desa Terbaik di Indonesia, Nomor 9 Wisata Mengagumkan Banyak Didatangi Peselancar
Desa terbaik di Indonesia menyimpan banyak keindahan yang menjadi destinasi wisata, salah satunya Desa Teluk Meranti. (Foto: Antara).

RIAU, iNews.idDesa terbaik di Indonesia menyimpan banyak keindahan dan kemajuan. Selain itu, desa-desa ini juga unggul dan tak kalah saing dengan wilayah perkotaan. 

Pemerintah terus mengembangkan desa sebagai salah satu program teratas yang mampu mendorong perekonomian dan pariwisata Indonesia di mata dunia. Dari banyaknya desa di Indonesia, beberapa desa menjadi unggulan.

Berikut desa terbaik di Indonesia

1. Desa Sungai Nyalo, Painan

Terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Desa ini memiliki destinasi pantai dan bukit serta batuan yang indah. 

Desa ini masuk dalam sepuluh desa wisata terbaik yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk kategori desa dengan perkembangan tercepat. 

Selain itu dinilai mampu mengelola potensi pariwisata untuk memajukan perekonomian warga. 

Dilansir dari onsmart.sumbarprov.go.id, desa adat berbentuk nagari ini dikenal sebagai kawasan mandeh Painan. Meski belum dikenal di dalam negeri, namun banyak turis asing yang berwisata ke kawasan yang dijuluki “Paradise of the South” ini. 

2. Desa Madobak, Mentawai

Terpilih sebagai desa terbaik dalam kategori desa adat terbaik se- Indonesia. Penilaian ini diberikan oleh Kemendes PDTT. Desa Madobak memiliki laut yang sangat indah dengan kekayaan alam luar biasa. 

Tak heran jika desa ini mendapatkan kategori desa adat terbaik. Di desa ini masih kental akan adat dan tradisi, salah satunya tradisi tato. Bahkan, tatotertua di dunia berasal dari Mentawai.

Desa dengan lingkungan yang masih asri ini hidup jauh dari kehidupan modern seperti di kota. Keunikan ini yang memikat banyak wisatawan, terutama akan adatnya yang eksotik dan menarik. 

Masyarakat desa yang sadar akan kebudayaan harus dijaga menjadikan desa ini sangat menarik dan unik.

3. Desa Tamansari, Banyuwangi

Terletak di bagian barat Kota Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Licin, kawasan Gunung Ijen. Desa Tamansari mendapat gelar Desa Wisata terbaik dalam kategori Jejaring Bisnis. 

Desa ini masih menjaga budaya suku Osing, suku asli Banyuwangi. Desa Tamansari merupakan salah satu dari tiga desa yang memiliki nilai budaya Osing yang masih terpelihara. 

Dilansir dari kemenparekraf, Desa Tamansari cukup dikenal sebagai Desa Wisata berbasis Smart Kampung sejak 2016. Potensi yang dimiliki oleh desa ini, hasil kerja sama antara pemerintah desa dengan masyarakatnya. 

Potensinya antara lain, aspek wisata alam yang sudah terkenal hingga mancanegara, yaitu Kawah Ijen. Selain itu, dalam aspek UMKM, desa ini memiliki wisata edukasi yang memanfaatkan UMKM.

4. Desa Pujon Kidul, Malang

Dihiasi oleh pemandangan gunung dan sawah yang indah mendapatkan banyak atensi dari masyarakat. Desa inilah yang berhasil menjual kehidupan agrowisata menjadi berbagai atraksi wisata memukau. 

Desa ini memiliki kafe di tengah sawah. Saung-saung tempat makan dibuat agar pengunjung merasakan sensasi makan di tengah sawah seperti para petani. Tak hanya itu, dilansir dari portal resmi Pujon Kidul, desa ini juga memiliki Kampung budaya.

Tak heran bahwa desa ini mendapatkan penghargaan Desa Wisata Terbaik kategori Agrowisata karena desa ini sukses menyulap tempat tersebut menjadi kawasan wisata yang indah.

Editor : Kurnia Illahi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: