1 Anggota TNI Gugur saat Kontak Tembak dengan KKB di Perbatasan RI-Papua Nugini

Antara ยท Senin, 30 Desember 2019 - 15:51:00 WIB
1 Anggota TNI Gugur saat Kontak Tembak dengan KKB di Perbatasan RI-Papua Nugini
Anggota TNI di Papua (dok iNews.id)

JAYAPURA, iNews.id – Seorang anggota TNI gugur dalam kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini tepatnya di sekitar Kali Asin, Kabupaten Keerom, Papua pada Senin (30/12/2019)

Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto telah membenarkan insiden kontak tembak yang menewaskan salah satu anggota TNI tersebut.

Kontak tembak itu dialami oleh anggota Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini. Dua orang anggota TNI terluka akibat kontak senjata itu. Wakil Komandan Pos Bewan Baru, Serda Miftakfur tewas dalam kontak tembak itu.

Saat ini jenazah korban tewas telah dievakuasi ke Rumah Sakit TNI AD Marthen Indey di Jayapura.

Dua pekan yang lalu, kontak tembak dengan anggota KKB di Papua juga menewaskan dua prajurit TNI AD yaitu Kapten Erizal Zuhri Sidabutar dan Serka R Rizky.

Keduanya gugur saat terlibat kontak tembak dengan KKB di Kabupaten Intan Jaya, Papua pada 17 Desember 2019 lalu saat melakukan bakti sosial jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya, Polda Papua mencatat ada 23 kejadian kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang terjadi di Polres Puncak Jaya, Jayawijaya, Mimika dan Polres Paniai selama tahun 2019. Dalam peristiwa itu, 10 anggota TNI-Polri gugur dan 10 warga sipil tewas akibat diserang KKB.


Editor : Reza Yunanto