Tangkapan layar video viral salah seorang korban selamat kebakaran Kapal Cantika Express 77 melakukan ritual sebelum pulang ke rumahnya di Kabupaten Alor, NTT. (Foto: Istimewa)
Danny Manu

ALOR, iNews.id - Sebuah video viral menampilkan salah seorang penumpang korban selamat dalam peristiwa kebakaran Kapal Cantika Express 77 melakukan ritual sebelum masuk ke rumahnya di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia pulang ke kampungnya bersama tiga jenazah penumpang lainnya.

Dalam video tersebut, isak tangis menyambut kedatangan sang korban selamat di rumah. Mereka gembira penumpang itu bisa selamat dalam kebakaran kapal yang ditumpangi dari Lupang menuju Alor.

Namun sebelum masuk ke rumah, seorang nenek terlihat menyiram tubuh penumpang selamat itu menggunakan air. Dia juga diminta melepaskan baju sebelum masuk ke rumah.

Kakak korban, Gim Mansari, menerangkan, ritual itu merupakan kebiasaan yang dilakukan masyarakat apabila mengalami kecelakaan di laut. Selain itu, ritual juga dilakukan sebagai bentuk syukur karena masih diberikan keselamatan.

"(Baju) langsung dilepas, dia harus pakai pakaian baru. Begitu sampai di rumah dia harus ganti baju," kata Gim saat ditemui di kediamannya, Jumat (28/10/2022).

Adapun para korban Kapal Cantika Express 77 yang selamat dari peristiwa kebakaran mulai dipulangkan ke Alor.

Berdasarkan data evakuasi hari keempat, sedikitnya 23 penumpang masih dinyatakan hilang. Sementara korban tewas yang telah ditemukan sebanyak 19 orang.


Editor : Rizky Agustian

BERITA TERKAIT